#Day 18 – Ayo Bikin Giveaway

Kata Giveaway pasti sudah ga asing di telinga kamu, apalagi bagi yang sudah terbiasa belanja online. Giveaway adalah memberikan hadiah secara cuma cuma kepada audiens yang mengikuti persyaratan tertentu yang diberikan oleh pemilik online shop.  Banyak online shop yang mengadakan give away untuk menjaring pelanggan. Iming iming hadiah gratis membuat audiens berbondong bondong ikut berkompetisi dalam give away. Buat kamu yang lagi bingung cara meingkatkan traffic, giveaway adalah kunci agar orang orang tertarik berkunjung ke akun Instagram mu. Berikut tips membuat giveaway di Instagram

  • Tentukan tujuanmu membuat giveaway.

Kalau tidak ada tujuan yang jelas, giveaway yang diadakan tidak akan mencapai target maksimal. Sebisa mungkin tujuan give away harus spesifik agar konsep dan strateginya semakin terarah. Jangan hanya untuk “meningkatkan penjualan” karena itu masih kurang spesifik. Mungkin kamu mengadakan giveaway untuk menambah follower. Atau untuk mempererat interaksi dengan followers. Mempromosikan produk baru

  • beri hadiah menarik

Berikan hadiah yang menarik dan usahakan sesuai dengan target pasar kamu. Missal kamu mejual produk naisha, berikan hadiah give away berupa khimar atau gamis, tujuannya agar peserta mengetahui produk yang kamu jual sekarang. Kalau kamu memberi hadiah berupa uang tunai, partisipan hanya akan sekedar ikut giveaway tanpa peduli dengan produk yang kamu jual.

  • rules harus jelas

Tentukan cara audiens untuk berpartisipasi. Jabarkan rules atau aturan untuk peserta giveaway sejelas jelasnya agar tidak terjadi kesalah pahaman. Contohnya

  1. Follow akun Instagram ini
  2. Like 5 foto terakhir
  3. Repost postingan ini di instagramstory mu
  4. Akun tidak boleh dikunci
  5. Tag 5 orang temanmu untuk ikutan give away ini
  6. give away akan ditutup pada tanggal … jam
  7. 6 orang yang beruntung akan mendapat khimar najmi gratis
  • Yang terakhir adalah saatnya mengumumkan pemenang

Setelah waktu give away berakhir, pemenang sudah ditentukan, saatnya untuk mengumumkan pemenang ke audiens. Pemilihan pemenang harus objektif dan bebas dari kecurangan. Beri kepastian kapan pemenang akan diumumkan, apakah 3 hari setelah penutupan give away berakhir, 3 hari atau 5 hari setelah itu.

Related posts