1 Lebaran Tahun 2023 Jatuh pada Tanggal 22 dan 23 April

1 Lebaran Tahun 2023 Jatuh pada Tanggal 22 dan 23 April
photo: gooogle

Pemerintah telah resmi menerbitkan kalender hari libur nasional termasuk tanggal lebaran tahun 2023. Keputusan tersebut merupakan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang hari libur nasional dan hari libur bersama tahun 2023 dengan nomor SKB No. 1006/2022, No. 3/2022 dan No. 1006/2022 3/2022.

Lebaran Tahun 2023 Jatuh pada Tanggal Berapa?

1 Lebaran Tahun 2023 Jatuh pada Tanggal 22 dan 23 April
photo: google

Dalam kalender 2023  ditetapkan 16 hari  libur nasional dan delapan hari cuti bersama. Salah satu ketentuan SKB tersebut adalah hari libur nasional dan perayaan bersama  Idul Fitri tahun 1444 Hijriah.Libur nasional  Idul Fitri pada 22 dan 23 April 2023 sedangkan libur nasional Idul Fitri adalah 21 – 26 April. April. Dengan demikian, total ada enam hari libur nasional dan libur lebaran.

Read More

Lebaran Tahun 2023

1 Lebaran Tahun 2023 Jatuh pada Tanggal 22 dan 23 April
photo: google

Hal ini pun menimbulkan pertanyaan tentang awal puasa Ramadhan 2023 atau 1444 Hijriah. Pemerintah belum memutuskan kapan puasa akan dimulai pada tahun 2023. Keputusan pertama Ramadan akan dilakukan pada sidang isbat  Kementerian Agama RI.

Kementerian Agama (Kemenag), termasuk Nahdlatul Ulama (NU),menetapkan tanggal pasti Ramadan di Tanah Air.Umumnya,majelis Isbat diadakan pada akhir bulan Sya’ban atau sebulansebelum Ramadhan. Namun, ada beberapa aliran Islam yang tidakmengikuti anjuran pemerintah, misalnya Muhammadiyah.Kementerian Agamabiasanya mengadakan pertemuan ISBATbeberapa hari sebelum hari pertama puasa.

Lebaran Tahun 2023 dan Tentang Libur Nasional

1 Lebaran Tahun 2023 Jatuh pada Tanggal 22 dan 23 April
photo: google

Namun berdasarkan keputusan bersama ketiga menteri no.1066dan SKB no. 3 Libur Nasional 2022 dan LiburNasional 2023.Ramadan diperkirakan akan dimulai pada 22 atau 23 Maret 2023.I ni menunjukkan perhitungan kalender Libur Nasional dan LiburIdul Fitri. 22-23 April. Jadi puasa Ramadhan dimulai pada tanggal23 dan 24 Maret 2023 dan terhitung 30 hari dalam sebulan.

Lebaran Tahun 2023

1 Lebaran Tahun 2023 Jatuh pada Tanggal 22 dan 23 April
photo: google

Pulang seakan menjadi kegiatan yang wajib dilakukan saatlebaran tiba. Momen ini juga biasanya sangat dinantikan, karenabisa bertemu dengan kerabat di kampung halaman. Siapapunyang pindah atau tinggal terpisah dari orang tuanya pasti tidakakan melewatkan momen ini. Berhubung masih dalam masapandemi, Naisha membahas tips mudik Lebaran di tengahpandemi.

Namun, sebelum NaishaMate pulang dan meninggalkan wilayahperantauan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. SehinggaNaishaMate bisa pulang dengan selamat dan riang bersamakeluarganya saat dia pergi.

Tips Mudik Lebaran Tahun 2023

1 Lebaran Tahun 2023 Jatuh pada Tanggal 22 dan 23 April
photo: google

Berikut ini adalah tips meninggalkan rumah ketika hendak mudik lebaran.

  1. NaishaMate harus memastikan bahwa telah mengunci semua pintu dan jendela rumah saat akan meninggalkan rumah
  2. Yang kedua pastikan kompor mati, kemudian tidak ada aliran gas ataupun listrik untuk menghindari resiko kebakaran sehingga tidak terjadi konsleting ketika ditinggal mudik dan jangan lupa untuk mematikan semua elektronik dan mencabut stop kontak dari aliran listrik.
  3. Pastikan anda hanya menghidupkan aliran lampu depan rumah atau bisa juga menggunakan lampu otomatis yang menyala setiap malam saja,
  4. sebelum meninggalkan rumah ada baiknya membersihkan rumah dahulu dan menutup lubang pebuangannya sehingga tidak ada serangga atau binatang masuk ke dalam rumah.
  5. Pasang pengaman agar rumah dapat dipastikan tetap aman apabila ditinggalkan ketka mudik dari tindak kejahatan ataupun pembobolan rumah. Jika memiliki cctv Anda juga dapat memantau rumah mesi dalam keadaaan jauh.
  6. Jika memiliki hewan peliharaan, maka Anda dapat menitipkannya ke petshop.
  7. Matikan juga aliran air PAM dan keran air agar tidak terjadi kebocoran.
  8. Simpanlah barang-barang berharga agar terhindar dari pencurian.

Tips Mudik Lebaran 2023

1 Lebaran Tahun 2023 Jatuh pada Tanggal 22 dan 23 April
photo: google

Semua itu harus Anda pastikan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik lebaran. Dan jangan lupa uuntuk cek kendaraan apabila Anda melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi. Berikut adalah tips mudik lebaran ketika menggunakan kendaraan pribadi.

  1. Bawalah barbarang secukupnya dan juga sesuai dengan kapasitas kendaraan yang digunakan. Jangan samai melebihi muatan katrana itu akan membahayakan perjalanan Anda,
  2. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima. Jika perlu sebelum mudik Anda melakukan servis rutin terlebih dahulu untuk memastikan keadaan kendaraan yang akan digunakan.
  3. Jangan lupa untuk membawa alat komunikasi karena berhubungan dengan komunikasi di jalan, agar dapat menghubungi orang lain sat dalam kadaan mendesak atau darurat.
  4. Periksa kedokter terkait dengan kesehatan Anda, pastikan dalam keadaan fit. Akan lebih baik lagi jika Anda melakukan swab test terlebih dahulu untuk mamastikan Anda dan keluarga dala kadaan sehat dan bebas virus corona.
  5. Berhati-hartilah dalam melakukan perjalanan, dan jangan lupa beristirahat ketika sudah dirasa perlu. Jangan berkendara dalam keadaaan mengantuk.
  6. Cek bahan bakar, jangan sampai Amnda kehabisan bahan bakar.
  1. Pastikan cek kembali kendaraan baik dari air radiator, angin bangan, lampu kendaraan, jika Anda menggunakan mobil jangan lupa untuk membawa ban cadangan.
  2. Berdoa dan berdzikir ketika dalam perjalanan.
  3. Membawa bekal sevukupnya.

Dzikir dalam Perjalanan Ketika Mudik Lebaran 2023

1 Lebaran Tahun 2023 Jatuh pada Tanggal 22 dan 23 April
photo: google

Sejatinya sebagai umat Islam kita selalu berusaha menyebut namaAllah SWT atau kata-kata suci yang memujinya.Hal ini jugadilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Merupakan kebiasaan untukmembaca dengan ringan sambilduduk, berjalan atau mengemudi.

Lebaran Tahun 2023

Dilansir situs Nu, Sejarah Ibnu Sinn dan Al-Baihaq. Itu terjadiketika Nabi SAW berperang di Tabuk. Ia diminta kembali ke Madinahuntuk mendoakan jenazah sahabatnya Muawiyah.

Riwayat ini dikutip oleh Imam Nawawi dalam Al-Adzkar, tentang dzikir di jalan, yang artinya sebagai berikut:

Diriwayatkan kepada kami dalam Kitab Ibnu Sinni dan kitab Dala’ilun Nubuwwah karya Al-Baihaqi dari Abu Umamah Al-Bahili, ia bercerita bahwa Jibril AS mendatangi Rasulullah SAW ketika beliau di Tabuk. ‘Wahai Muhammad, saksikanlah shalat jenazah Muawiyah bin Muawiyah Al-Muzani (di Madinah),’ kata Jibril. Rasulullah SAW keluar (dari Tabuk).

Sementara Jibril AS turun bersama 70.000 malaikat. Jibril AS menurunkan sayap kanan di atas bukit hingga merendah. Ia juga meletakkan sayap kirinya di atas tanah sampai merendah hingga ia dapat melihat Kota Mekkah dan Madinah. Rasulullah SAW bersama Jibril AS dan ribuan malaikat kemudian menshalatkan jenazah Muawiyah.

Setelah selesai, Rasulullah SAW bertanya, ‘Wahai Jibril, dengan amalan apa Muawiyah mendapatkan derajat begitu tinggi ini?’ ‘Muawiyah lazim membaca Surat Al-Ikhlas saat berdiri, berkendaraan, dan berjalan kaki,’ jawab Jibril,” (Lihat Al-Imam An-Nawawi, Al-Adzkar pada Hamisy Al-Futuhatur Rabbaniyyah, [Beirut: Daru Ihyait Al-Arabi, tanpa catatan tahun], juz VI, halaman 176).

Lebaran Tahun 2023

Dengan demikian, sebelum kita melakukan perjalanan, kemudian selama di jalan, saat sampai, hingga kapan pun. Kita disarankan untuk terus melantunkan surat al-Ikhlas. Berikut ini bacaan dari surat al-Ikhlas:

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ ࣖ

Qul huwallahu ahad. Allahus shamad. Lam yalid, wa lam yûlad. Wa lam yakullahû kufuwan ahad.

Artinya: Katakanlah, “Dialah Allah yang esa. Dia tempat bergantung. Dia tidak melahirkan dan tidak dilahirkan. Tiada satu pun yang menyamai-Nya.”

Related posts