20 Sifat Wajib Bagi Allah yang Perlu Dipahami Seorang Muslim

20 Sifat Wajib Bagi Allah yang Perlu Dipahami Seorang Muslim
photo: google

Menurut para ulama sifat- sifat Allah SWT yakni sifat wajib bagi Allah, sifat mustahil Allah, dan juga Sifat Jaiz atau Mumkin. NaishaMate, sesungguhnya sifat- sifat Allah SWT tidaklah terbatas, pengelompokan ini bertujuan agar memudahkan para muslim melihat keaguangan dan juga berbagai keistimewaan Allah SWT melalui sifat-sifatnya. Dengan memahami berbagai sifat- sifat Allah SWT tersebut dapat menjadi salah satu cara untuk mempelajari ketauhidan bagi seorang muslim.

Allah SWT ialah Allah yang Maha Sempurna yang memiliki berbagai sifat yang tidak terbatas.  Hal ini sebagaimana dengan sabda Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Ahmad.
“Aku memohon kepada Engkau dengan semua nama yang menjadi nama-Mu, baik yang telah Engkau jadikan sebagai nama diri-Mu atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang dari makhluk-Mu atau Engkau turunkan dalam kitab-Mu atau Engkau sembunyikan menjadi ilmu gaib di sisi-Mu.” (HR Ahmad)

Read More

Berikut ini sifat-sifat wajib Allah SWT beserta makna dan dalilnya dalam surah dan ayat Al-Qur’an.

Sifat Wajib Bagi Allah : Wujud

Wujud secara Bahasa memiliki arti “ada”, maka mustahil Allah bersifat “tiada”. Sifat wajib Allah ini sebagaimana firman-Nya dalam Al-Quran yang artinya:

“Allah yang telah menciptakan tujuh langit dan bumi beserta segala sesuatu di antara keduanya.” (QS. As-Sajdah:4).

“Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: kemudian Dia bersemayam di atas ‘arsy. Dia mengetahui yang masuk ke dalam bumi dan yang keluar daripadanya dan yang turun dari langit dan yang naik kepada-Nya. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Hadid: 4)

Sifat Wajib Bagi Allah : Qidam

20 Sifat Wajib Bagi Allah yang Perlu Dipahami Seorang Muslim
photo: google

Qidam memiliki arti dahulu dan awal. Sifat mustahilnya adalah Hudus yang mana artinya adalah baru baru. Dalilnya adalah firman Allah:
“Dialah Allah yang awal dan yang akhir.” (QS. Al-Hadid:3).

Sifat Wajib Bagi Allah : Baqa’

Baqa’ maksudnya adalah Allah SWT adalah zat yang Maha Kekal. Allah tidak akan punah, binasa, atau mati. Allah SWT ada dan akan tetap ada selamanya. Ayat yang menjelaskan dalam Al Qur’an :
“Tiap – tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. BagiNya-lah segala penentuan, dan hanya kepadaNya-lah kamu dikembalikan”. (QS. Al – Qasas : 88)
“Semua yang ada di bumi itu akan binasa. Dan tetap kekal wajah Rabb mu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan”. (QS. Ar – Rahman : 26-27)

Sifat Wajib Bagi Allah : Mukholafatul Lilhawaditsi

20 Sifat Wajib Bagi Allah yang Perlu Dipahami Seorang Muslim
photo: google

Mukholafatul Lilhawaditsi yang artinya berbeda dengan ciptaan-Nya. Sifat mustahilnya adalah Mumatsalatuhu lil hawadits, artinya serupa dengan ciptaan-Nya. Dalilnya firman Allah:
“Allah tidak sama dengan segala sesuatu.” (QS. Asy-Syuuro:11).

Sifat Wajib Bagi Allah : Qiyamuhu Binafsihi

Maksud dari sifat ini adalah Allah itu berdiri sendiri, tidak bergantung pada apapun dan Ia juga tidak membutuhkan bantuan siapapun.
Dalil firman Allah dalam Al Quran :
“Sesungguhnya Allah benar – benar Maha kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari alam semesta”. (QS. Al – Ankabut : 6)

Sifat Wajib Bagi Allah : Wahdaniyah

Allah SWT itu esa atau tunggal. Sifat mustahilnya Ta’addud yaitu berbilang atau lebih dari satu. Dalilnya firman Allah SWT:
“Seandainya di langit dan di bumi ada Tuhan – Tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu akan binasa”. (QS Al – Anbiya : 22)

Sifat Wajib Bagi Allah : Qudrat

Qudrat artinya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak akan pernah ada yang bisa menandingi kekuasaan Allah SWT. Berikut adalah dalilnya:
“Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu.” (QS. Al – Baqarah : 20)

Sifat Wajib Bagi Allah : Iradat

Iradat artinya berkehendak. Apabila Allah SWT telah berkehendak maka jadilah hal itu dan tidak ada yang dapat mencegah-Nya. Ayat yang menjelaskan dalam Al-Quran:
“Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki”. (QS. Hud : 107)

Sifat Wajib Bagi Allah : Ilmun

20 Sifat Wajib Bagi Allah yang Perlu Dipahami Seorang Muslim
photo: google

Ilmun artinya Allah SWT maha mengetahui segala sesuatu Ayat yang menjelaskan dalam Al-Quran:
“Dan sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya”. (QS. Qaf : 16)

Sifat Wajib Bagi Allah : Hayat

Hayat yang artinya hidup dan tidak pernah mati. Allah aka nada selamanya. Kekal selamanya yang dijelaskan dalam Al-Quran:
“Dan bertakwalah kepada Allah yang hidup (kekal) yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memujiNya”. (QS. Al – Furqon : 58)

Sifat Wajib Bagi Allah : Sama’

Sama’ memiliki arti Allah SWT itu Maha Pendengar yang diucapkan maupun yang disembunyikan. Ayat yang menjelaskan dalam Al-Qur’an:
“Dan Allah-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (QS. Al – Maidah : 76)

Sifat Wajib Bagi Allah : Basar

Basar artinya Allah SWT dapat melihat segala sesuatu. Penglihatan Allah tidaklah terbatas, Dia mengetahui apapun di dunia ini.
Ayat yang menjelaskan dalam Al Quran :
“Dan Allah melihat atas apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al – Hujurat : 18)

Sifat Wajib Bagi Allah : Qalam

20 Sifat Wajib Bagi Allah yang Perlu Dipahami Seorang Muslim
photo: google

Qalam memiliki arti berkata. Allah bisa berbicara atau berkata secara sempurna tanpa bantuan apapun. Ayat yang menjelaskan dalam Al Quran :
“Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan kami) pada waktu yang telah kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya”. (QS. Al – A’raf : 143)

Sifat Wajib Bagi Allah : Qadirun

Allah adalah zat Yang Maha Kuasa. Ayat yang menjelaskan dalam Al Quran :
“Hampir kilat itu menyambar pengelihatan mereka. Setiap kali sinar itu menyinari mereka, mereka berjalan di bawah sinar itu, dan bila gelap menimpa mereka, mereka berhenti. jika Allah menghendaki, niscaya dia melenyapkan pendengaran dan pengelihatan mereka. Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu.” (QS. Al – Baqarah : 20)

Sifat Wajib Bagi Allah : Muridan

Jika Allah berkehendak maka tidak akan yang dapat menolak dan menghalangiNya. Ayat yang menjelaskan dalam Al Qur’an :
“Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksanya terhadap apa yang Dia kehendaki”. (QS. Hud : 107)

Sifat Wajib Bagi Allah : ‘Alimun

20 Sifat Wajib Bagi Allah yang Perlu Dipahami Seorang Muslim
photo: google

Allah adalah zat Yang Maha Mengetahui segala sesuatu. Ayat yang menjelaskan dalam Al Qur’an :
“Dan Allah Maha Mengetahui sesuatu” … (QS. An – Nisa : 176)

Sifat Wajib Bagi Allah : Hayyun

Yang Hidup. Allah adalah dzat yang hidup dan Ia tidak akan pernah mati. Ayat yang menjelaskan dalam Al Qur’an :
“Dan bertakwalah kepada Allah yang hidup, yang tidak mati, dan bertasbihlah denga memuji-Nya. Dan cukuplah dia Maha Mengetahui dosa – dosa hambaNya”. (QS. Al – Furqon : 58)

Sifat Wajib Bagi Allah : Sami’an

20 Sifat Wajib Bagi Allah yang Perlu Dipahami Seorang Muslim
photo: google

Sami’an artinya adalah mendengar. Allah SWT selalu dapat mendengar pembicaraan manusia dan doa hambanya.

Sifat Wajib Bagi Allah : Bashiran

Sifat wajib basiran maksudnya adalah Allah SWT selalu mengawasi semua hal yang terjadi di seluruh alam semesta ini.

“Dan berapa banyaknya kaum sesudah Nuh telah Kami binasakan. Dan cukuplah Tuhanmu Maha mengetahui lagi Maha melihat dosa hamba-hamba-Nya.” (QS. Al-Isra’: 17)

Sifat Wajib Bagi Allah : Mutakallimun

Artinya yang berbicara. Sama dengan Qalam, Mutakalliman juga memiliki arti berfirman. Firman Allah terwujud melalui kitab-kitab suci yang diturunkanNya melalui para nabi. Sifat wajib mutakalliman artinya Allah SWT Maha berfirman atas segala rahmatnya untuk alam semesta sebagai ciptaannya.

Artinya, “Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung.” (QS. An-Nisa’: 164)

Related posts