9 Bahan Voal yang Sangat Cocok untuk Dijadikan Hijab Cantik

9 Bahan Voal yang Sangat Cocok untuk Dijadikan Hijab Cantik
photo: shopee

Bahan voal merupakan jenis kain yang  100% terbuat daru serat alam bernama katun. Ciri kain voal memiliki cirikhas yang menjadi keunggulannya yaitu lembut dan mudah untuk dibentuk. Akhir-akhir ini, voal adalah salah satu bahan yang bagus untuk dijadikan sebagai hijab. Kandungan serat alam murni inillah yang mengghasilkan kain yang saat dikenakan memberikan rasa nyaman yang sangat tinggi. Jaid tidak heran jika para muslimah senang menggunakan hijab dengan bahan voal.

Hijab yang terbuat dari voal sangat cocok dipakai oleh muslimah yang tinggal di negara beriklim tropis seperti di Indonesia ini. Hal tersebut disebabkan karena bahan voal termasuk jenis kain yang mudah menyerap keringat dan adem ketika dikenakan sehingga sangat nyaman untuk dikenakan baik di siang hari maupun malam hari. Dan hijab berbahan voal juga dapat dikenakan dalam berbagai acara.

Read More

Apabila kita melihat lebih jeli jenis kain ini juga cenderung kaku sehingga ketika dijadikan sebagai bahan kerudung maka tidak akan mudah mleyot dan akan rapi. Hal ini karena memang pada dasarnya kain ini memang terbuat dari 100% serat alam (katun). Namun terdapat pula beberapa variasi kain bahan voal yang dibuat dari perpaduan dari serat alam lainnya seperti linen, polyester, silk dan juga serat rayon.

Keunggulan Hijab Bahan Voal

9 Bahan Voal yang Sangat Cocok untuk Dijadikan Hijab Cantik
photo: google

1. Bahan Voal Memiliki Serat yang Lembut

photo: shopee

Salah satu hal yang menjadi alas an kenyamanan dari hijab bahan voal adalah seratnya yang lembut sehingga vijab voal mudah menyerap keringan dan nyaman sekali saat digunakan. Saat memakai hijab tersebut Kamu tidak perlu khawatir akan kegeran karena hijab berbahan voal itu memiliki sirkulasi udara yang cukup baik.

2. Bahan Voal Mudah Dibentuk Sekaligus Tidak Mudah Lecek

photo: shopee

Hijab dengan permukaan terlalu licin tentu akan berpeengaruh pada kenyamanan pemakainya, sebab hijab tersebut akan lebih sulit rapi dan tentunya sulit untuk ditata. Sementara itu, hijab yang permukaannya sedikit kaku seperti bahan voal ini akan mudah ditata sehingga akan lebih rapi. Oleh sebab itu, Kamu perlu mencoba untuk memakai hijab berbahan voal yang tidak terlalu licin dan juga tidak terlalu kaku.

3. Bahan Voal Memiliki Variasi Motif dan Warna yang Beragam

photo: shopee

Keunggulan lain yang dimiliki  bahan voal adalah bahan ini memiliki variasi motif yang indah. Hal tersebut akan membuat membuat Kamu bisa menyesuaikan bahan dengan kepribadianmu dan juga bisa dipadupadankan sebagai fashion yang indah.

Hijab Voal juga memiliki berbagai warna yang menarik. Sehingga Kamu tidak perlu khawatir warna yang tersedia tidak cocok dengan outfitmu. Karena memang bahan ini menyediakan varian motif dan warna yang sangat beragam.

Jenis-Jenis Bahan Voal yang Digunakan untuk Membuat Hijab

1. Bahan Voal Basic

photo: Umama

Bahan voal basic ialah kain voal yang mengandung polyesternya lebih banyak daripada serat alam. Oleh sebab itu, voal jenis ini dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan yang lainnya. Permukaan kain ini berserabut, lebih kasar dan juga lebih kaku. Umumnya, tenunan serat voal basic ini juga terdiri dari serat tidak terlalu kencang sehingga bagian ujungnya mudah rusak dan rontok.

2.  Bahan Voal Jepang

photo: google

Voal Jepang merupakan jenis kain voal yang sangat lembut ketika dikenakan. Sayangnya, voal Jepang ini  sayangnya memiliki tekstur yang kaku. Namun, jenis kain ini tetap banyak penggemarnya disebabkan karena memiliki varian warna yang sangat beragam, sehingga banyak pilihan.

3. Bahan Voal Dobby

photo: shopee

Tekstur voal dobby sangat unik karena memiliki terkstur yang seperti kotak-kotak. Jenis kain ini juga memiliki karakteristik yang lemas dan lembut sehingga banyak wanita yang menjadikan kain ini sebagai pashmina. Namun, karena semakin banyak varian voal yang lebih nyaman maka jenis kain ini tampaknya sudah mulai hilang dari pasaran.

4. Bahan Voal Two Tone

photo: google

Voal two tone juga termasuk jenis kain bertekstur unik karena kain voal ini memiliki dua warna sehingga tampak unik. Namun, pada 2019 jenis kain ini seolah berangsur-angsur menghilang dari pasaran sebab banyak pabrik yang menghentikan produksi voal two tone.

5. Bahan Voal Premium

photo: google

Bahan voal premium adalah jenis kain yang lebih halus jika kita bandingkan dengan kain bahan voal basic. Jenis kain voal ini juga biasa disebut dengan kain voal miracle. Kain ini mengandung campuran katun yang lebih banyak sehingga tekstur pada kain ini menjadi lebih halus dan tidak kaku. Jenis kain ini juga terbilang cukup tipis dan namun dinilai memiliki daya serap yang baik sehingga dapat menyerap keringat sehingga nyaman untuk dipakai.

6.  Bahan Voal Superfine

photo: shopee

Voal superfine mengandung serat katun yang lebih banyak dibandingkan dengan voal premium sehingga memiliki tekstur yang lebih halus. Bukan hanya lebih halus, voal superfine juga lebih tebal hingga Kamu tidak perlu khawatir akan menerawang. Walau tebal namun kain ini tetap mudah menyerap keringat karena kain ini seratnya memiliki sirkulasi udara yang baik.

7. Bahan Voal Silk Premium (Ultra Satin)

photo: Try Span

Voal silk premium sebenarnya mengandung serat katun kadarnya sama dengan voal superfine. Perbedaan kedua jenis kain voal ini pada komposisi bahan silk dalam jenis kain yang juga dikenal dengan sebutan ultra satin tersebut. Kandungan silk dalam voal silk premium membuat permukaan kain ini terlihat lebih mewah dan elegan karena terdapat sedikit efek kilap pada tampilan kainnya.

8. Bahan Voal Ultrafine

photo: shopee

Voal ultrafine adalah jenis voal yang terbukti banyak diminati karena sangat nyaman untuk dikenakan. Tekstur pada kain ini sekilas mirip dengan twill, sebab saat dilihat permukaannya seperti kasar padahal sebenarnya tekstur yang di miliki halus saat bersentuhan dengan kulit. Ketebalan dan sirkulasi udara kain ini juga cukup bagus, sehingga membuat hijab dari jenis voal ultrafine akan terasa adem ketika dipakai.

Voal ultrafine termasuk jenis kain sangat laris dipasaran, hal ini juga karena harga kain voal jenis ini relative lebih murah dan lengkap dengan beragam pilihan warna khususnya warna-warna pastel dan soft. Kadar serat katun pada jenis kain ini juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan kain bahan voal premium sehingga membuatnya lebih mudah menyerap keringat. Keunggulan lain dari voal ultrafine ini  adalah permukaannya yang memiliki efek kilap walau tidak sebersinar kain yang mengandung silk.

9. Bahan Voal Watersplash (Anti Air)

photo: shopee

Voal watersplash adalah kain bahan voal yang teksturnya mirip dengan voal ultrafine. Namun karena memiliki keunggulan anti air sehingga harganya relative lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Keunikan inilah yang membuat para muslimah tetap gemar membeli hijab dengan bahan kain voal ini walau mereka harus merogoh kocek lebih dalam.

Cara Merawat Hijab yang Terbuat dari Bahan Voal

photo: Hijup
  1. Cuci Hijab Voal dengan Tangan
  2. Cuci Hijab Secara Terpisah
  3. Jemurlah Hijab di Tempat yang Teduh
  4. Setrika dengan Suhu Sedang Saja
  5. Jangan Melipat Hijab , Hijab Voal Lebih Baik Disimpan dengan Cara Digantung
  6. Biasakan Memakai Ciput atau dalaman Hijab
  7. Lebih Baik Menghindari Penggunaan Peniti saat Memakai Hijab Berbahan Voal

Related posts