2 Bahan Diamond yang Dapat Dijadikan Hijab, Baju dan Juga Gamis

2 Bahan Diamond yang Dapat Dijadikan Hijab, Baju dan Juga Gamis
photo: pinterest

Mari kita melihat lebih dekat tentang kain bahan diamond. Yang mana kain ini merupakan salah satu jenis crepe. Sebagaimana kain crepe pada umumnya, bahan diamond juga memiliki ciri khas yang sama yaitu memilki permukaan bertekstur seperti kulit jeruk atau seperti butiran pasir. Kemudian bagaimana cara untuk membedakan antara kain crepe satu dengan crepe jenis lain? Mari Kita simak ulasan berikut ini.

Kain crepe dalam bahasa Perancis berarti memiliki kerut atau bisa juga disebut dengan crinkle, karena kain ini juga melewati berbagai proses yang panjang dan variatif. Karena kain satu dengan yang lain diproses secara terpisah maka sangat wajar jika kain yang dihasilkan memiliki tekstur khas.

Read More

Karakteristik Bahan Diamond

2 Bahan Diamond yang Dapat Dijadikan Hijab, Baju dan Juga Gamis
photo: shopee

Ketika Kamu meraba bahan diamond crepe cenderung memiliki permukaan yang kasar dan lebih kaku jika dibandingkan dengan jenis crepe yang lain. Diamond crepe memiliki tekstur yang lebih kasar dibandikan dengan mosscrepe. Meskipun demikian, serat bahan diamond yang bergelombang menyerupai awan atau kabut menjadi daya Tarik tersendiri bagi kaum perempuan.

Karakteristik lain dari bahan diamond ialah, meskipun kain ini tergolong kaku, namun ia tetap lembut dan elastis saat dipakai. Jangan lupa sebelum menentukan kain yang akan dibeli perhatikan dulu karakteristik dan kenyamanan kain. Kain diamond sendiri memiliki beberapa jenis yaitu Itialiano, georgette, dan ceruti georgette.

Jenis-Jenis Bahan Diamond

Kain Bahan Diamond Itialiano

photo: pinterest

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, bahan terdapat bahand diamond yang disebut dengan diamond Itialiano. Kain diamond jenis ini memiliki tekstur yang lebih kasar, lebih tebal dan lebih kaku dibandingkan jika Kita bandingkan dengan kain bahan diamond Georgette. Kain jenis ini memiliki tekstur yang seperti jeruk dan juga lebih terlihat dan lebih berasa ketika dipegang.

Kain bahan diamond Itialiano untuk pembuatan hijab, baju, gamis, dan rok. Karena bahannya yang agak kaku maka para muslimah sering menjadikannya sebagai pashmina, Karena kain ini  ketika dikenakan bisa rapi dan bisa berdiri tegap menutupi pipi yang tembem.

Kain Bahan Diamond Georgette

photo: pinterest

Lain halnya dengan Diamond Itialiano, Diamond Georgette memiliki karakteristik kain yang lebih tipis dan memiliki tekstur yang lebih lembut jika dibandingkan dengan diamond IItialiano. Sedangkan jika diraba kain Diamond Georgette ini memiliki permukaan yang lebih rapat dan juga halus.

Diamond Georgette ini juga banyak dijadikan sebagai bahan pembuatan hijab, baik itu pashmina, persegi empat ataupun hijab instan. Namun, jika kita melihatnya di pasaran, rata-rata produsen hijab menjualnya sebagai hijab instan seperti khimar, segi empat instan dan juga pashmina instan.

Kain Bahan Diamond Ceruti georgette

photo: pinterest

Kain Ceruti Georgette juga ini sebenarnya terkenal dengan nama ceruti diamond tapi perlu NaishaMate ketahui bahwa kain ini “bukan dari jenis bahan crepe” , melainkan kain dari jenis kain Ceruti atau Chifon.

Meskipun bukan dari jenis kain crepe, kain ini memang memiliki tekstur seperti Diamond oleh karena hal tersebutlah lantas banyak orang yang mengenal bahan ini dengan nama Ceruti Diamond.

Perbedaan pada kain ini sebenarnya dapat dilihat secara langsung, kain Ceruti Georgette lebih tipis dan bisa tembus pandang serta tidak dapat melar seperti diamond, kain jenis ini juga jika dipegang terasa lebih keras dan kasar.

Bahan ini sering digunakan untuk kombinasi atau tambahan pada model gamis atau baju wanita. Jika untuk produksi hijab, kain ini kebanyakan untuk model Syari atau hijab besar dan tentunya kain yang dikenakan minimal dua lapis kain agar tidak tembus pandang.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Diamond

photo: pinterest

Keunggulan penggunaan bahan diamond crepe sebagai bahan untuk pembuatan baju gamis adalah tidak licin. Hal ini karena jika bahan yang digunakan untuk membuat gamis adalah bahan yang licin maka aktifitas menjadi tidak nyaman.

Keunggulan yang kedua adalah kain ini memiliki tekstur halus dan lentur, diamond juga tersedia dalam warna kalem atau pastel. Warna pastel sangat cocok untuk kulit orang Indonesia. Karena kain diamond tidak mengandalkan petern maka kain ini memiliki keunggulan menawarkan banyak warna yang indah dan juga bahan ini tidak tergerus oleh zaman.

Seperti kain lain, diamond juga memiliki kelebihan yang sekaligus menjadi kekurangannya. Meski menawarkan warna-warna yang kalem dan tidak ketinggalan zaman. Namun warna pada kain bahan diamond tak bertahan lama dan mudah pudar, selain juga kainnya mudah rapuh apabila terkena panas. Maka lebuh baik menghindari untuk menyetrika dengan suhu panas supaya kain tidak meleleh.

Semua jenis kain jika tidak dirawat dengan baik tentu akan mudah rusak, tak terkecuali dengan bahan diamond crepe. Karena kainnya mudah sobek, sebaiknya dicuci dengan cara manual. Saat menjemur, juga jangan terkena sinar matahari secara langsung karena bisa mempercepat kerusakan pada kain.

Penggunaan Bahan Diamond

Melihat sekilas karakteristik diamond crepe yang tidak licin, lentur, dan jatuh, kain ini bisa dikreasikan menjadi berbagai jenis pakaian seperti baju gamis, pashmina, pastan, khimar, maupun busana wanita sepert tunik.

 Baju Gamis Bahan Diamond

photo: shopee

Ketika membuat gain tentu tidak boleh menggunakan sembarang kain, begitu juga yang dilakukan oleh Naisha Hijrah. Penggunaan kain yang adem, jatuh, dan halus tentu menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan kain. Memilih diamondcrepe sebagai bahan baju gamis adalah salah satu pilihan yang tepat karena tidak licin dan lentur.

 Pashmina Bahan Diamond

photo: shopee

Selendang panjang yang di Indonesia yang juga dapat difungsikan sebagai hijab, oleh karenanya harus dibuat dengan kain berkualitas sehingga dapat memberikan kenyamanan saat dipakai. Selain menunjang penampilan dengan berbagai warna yang lembut pashmina dari diamond juga mudah dibentuk karena memiliki tekstur yang cenderung kaku. Apabila Kamu adalah orang yang menyukai hal praktis, maka membuat pashmina instan dari kain diamond sangat dianjurkan.

 Khimar Bahan Diamond

photo: pinterest

Berbeda dengan hijab, khimar adalah sebutan untuk penutup kepala, leher, pundak, serta bagian belakang dan depan dada. Kain diamond ini tentu sangat cocok untuk dikenakan sebagai bahan khimar, karena kain ini memiliki kelebuhan seperti; tidak transparan, elastis, tidak menimbulkan panas, dan flowy.

Tunik Bahan Diamond

photo: shopee

Serupa dengan blouse, namun panjangnya samoai ke lutut. Sifatnya baju yang longgar membuatnya nyaman saat dikenakan. Jika dibuat dengan bahan diamond maka akan diperoleh tunik yang lentur, jatuh, dan memiliki tekstur yang unik. Tunik ini tentu dapat dipadukan dengan rok maupun celana panjang.

Kualitas Kain Bahan Diamond

photo: shopee

Perlu NaishaMate ketahui bahwa bahan diamond tidak semuanya memiliki kualitas yang sama. Kain sendiri dibuat dari pabrik atau produsen yang berbeda tentunya juga akan berpengaruh pada kualitasnya, ada yang buatan lokal ada juga yang di import dari luar negeri seperti dari cina, korea, india, arab dan turki. Sehingga kualitas dan harga yang ditawarkan di pasaran juga sangat beragam.

Pastikan Kamu membeli kain di tempat yang terpercaya. Jangan lupa untuk membandingkan kain sebelum memutuskan membeli. Sesuaikan budget, kebutuhan dan juga bahan yang akan Kamu beli.

Related posts