7 Bahan Spandex dan Juga Karakteristik Setiap Jenis Kainnya

7 Bahan Spandex dan Juga Karakteristik Setiap Jenis Kainnya
photo: google

Bahan spandex ialah salah satu jenis kain dengan bahan dasar polimer sintetis seperti nilon maupun polyester. Selain itu, kain ini juga memiliki sebutan lain yaitu dikenal dengan elastane. Pada umumnya, elasten ini memiliki sifat yang elastis dan ia juhga memiliki kemampuan untuk meregangkan bentuknya dengan sangat tinggi dan bahkann hingga mencapai lima kali lipat dari ukuran awal.

Kain spandex ini pertama kali ditemukan di tahun 1947 oleh perusahaan Du Pont yang kala itu tengah memperkenalkan salah satu produk mereka dengan sebutan fiber K. Fiber K yang merupakan serat yang ditemukan oleh perusahaan Du Pont tersebut kemudian dikembangkan untuk menjadi bahan pengganti karet yang kemudian diberi nama lycra. Hingga saat ini, bahan spandex telah menjadi salah satu bahan yang sangat sering digunakan oleh masyarakat, khususnya untuk pembuatan pakaian olah raga.

Read More

Apabila kita lihat dari susunan benang pada kain spandex, kain spandex secara umum terdiri dari kumpulan berbagai benar polimer yang terbagi dua segmen, yaitu segmen panjang dan juga segmen pendek.

  • Segmen yang pendek pada kain spandex ini sendiri pada umumnya memiliki sifat yang kaku dan memiliki peran sebagai pengikat dan juga penghubung pada antar benang satu dengan benang yang lainnya.
  • Segmen panjang pada kain spandex sendiri berfungsi untuk elastisitas pada kain spandex.

Perlu NaishaMate ketahui juga bahwa kain spandex seringkali digunakan sebagai pengganti dari bahan karet dan secara umum kain spandex lebih unggul apabila dibandingkan dengan karet. Hal ini dikarenakan bahan karet biasanya hanya memiliki tiga kleunggulan saja yaitu sangat kuat, ringan dan juga fleksibel.

Pada kenyataannya, serat yang ada pada kain spandex tidak dapat berdiri sendiri untuk menjadi sebuah bahan dan harus dikombinasikan dengan serat lainnya agar dapat menjadi kain yang unggul. Serat lain yang dimaksud ini adalah bahan katun rayon serta berbagai jenis serat lain.

Bahan Spandex : Ciri Khas Kain Spandex

7 Bahan Spandex dan Juga Karakteristik Setiap Jenis Kainnya
photo: google

Seperti halnya kain lainnya, pada kain spandex ini juga memiliki ciri khas yang dapat membedakannya dengan kain-kain lain yang beredar di pasaran. Berikut ini merupakan beberapa ciri dari kain spandex yang perlu kamu ketahui agar memudahkan NaishaMate dalam memilih dab tentunya agar tidak salah dalam membeli kain.

  • Ciri khas pertama dari kain spandex adalah secara umum kain spandex memiliki tekstur kain yang licin.
  • Ciri khas kedua dari kain spandex adalah terdapat dua jenis yaitu kain spandex dengan bahan yang tebal dan ada bahan spandex yang tipis. Namun, walaupun tipis sendiri, bahan spandex ini tetap kuat dan lebih awet jika kita bandingkan dengan bahan katun sekalipun
  • Ciri kain spandex yang ke tiga adalah kain ini memiliki kecenderungan lebih ketat serta memiliki bahan kain yang agak panas, hal ini karena adanya kandungan polyurethane yang ada pada bahan tersebut. Semakin tinggi kandungan tersebut kain spandex akan semakin panas jika dikenakan.
  • Ciri khas keempat adalah kain spandex ini nyaman untuk dikenakan.
  • Ciri khas kelima dari kain spandex adalah ia sangat elastis sehingga sangat nyaman jika dikenakan untuk beraktifitas.
  • Ciri khas keenam dari bahan spandex adalah memiliki kemampuan untuk mempertahankan ukuran aslinya, hal ini tentunya akan membuat kain menjadi tidak mudah rusak dan lebih awet.
  • Ciri khas ketujuh dari bahan spandex adalah mampu menempel pada tubuh dengan baik, sehingga ketika dikenakan dapat menyesuaikan dengan bentuk badan pemakainnya. Oleh sebab itu, bahan ini banyak digunakan sebagai bahan pakaian olah raga dan juga kerudung.

7 Jenis Kain Bahan Spandex

1. Bahan Spandex Katun

7 Bahan Spandex dan Juga Karakteristik Setiap Jenis Kainnya
photo: shopee

Jenis kain spandex yang akan kita bahas pertama adalah bahan spandex katun. Spandex katun adalah jenis bahan spandex yang terbuat dari campuran antara serat spandex dengan benang katun maupun kapas dengan polyurethane.

Dari kombinasi serat tersebut maka kain spandex yang dihasilkan akan cenderung elastis, kuat, serta tahan lama dibandingkan dengan kain katun pada umumnya.

2. Bahan Spandex Rayon

7 Bahan Spandex dan Juga Karakteristik Setiap Jenis Kainnya
photo: shopee

Jenis kain yang selanjutnya adalah bahan spandex rayon. Kain Spandex rayon merupakan jenis bahan kain yang diperoleh dari gabungan antara bahan spandex dengan bahan rayon.

Dari kedua kombinasi tersebut sehingga dihasilkan bahan kain spandex rayon yang merupakan jenis kain yang lebih lembut, amenyerap keringat, adem saat digunakan, dan tentunya memiliki elastisitas yang baik sehingga ketika dikenakan akan mengikuti postur tubuh.

3. Bahan Spandex Semi Rayon

7 Bahan Spandex dan Juga Karakteristik Setiap Jenis Kainnya
photo: shopee

Jenis kain spandex selanjutnya adalah jenis kain spandex semi rayon. Jenis spandex semi rayon ini memiliki sifat dan karakteristik yang gtentunya hamper sama dengan kain spandex rayon karena kedua bahan ini memiliki karakteristik kain yang halus, lembut, dingin, nyaman untuk digunakan, serta mudah menyerap keringat.

Perbedaan kedua bahan ini, adalah besaran bahan campuran spandexnya. Dimana pada jenis spandex rayon, campuran spandex di dalam nya relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis spandex semi rayon yang memiliki jumlah campuran spandex di dalam pembuatan kainnya cenderung lebih banyak.

4. Bahan Spandex Rayon Super

7 Bahan Spandex dan Juga Karakteristik Setiap Jenis Kainnya
photo: shopee

Jenis kain spandex yang keempat kita sebut dengan bahan kain spandex rayon super. Jenis spandex rayon super ini diperoleh dari bahan campuran antara benang rayon dengan bahan spandex.

Tekstur bahan spandex jenis ini memiliki permukaan yang mirip dengan kain katun, namun cenderung lebih halus dan memiliki sifat elastik dan memiliki kempuan meregang yang baik.

5. Bahan Spandex Jersey

7 Bahan Spandex dan Juga Karakteristik Setiap Jenis Kainnya
photo: shopee

Jenis kain spandex yang kelima ialah spandex jersey. Jenis kain spandex yang satu ini merupakan jenis bahan yang dihasilkan dari proses mengkombinasikan beberapa bahan seperti benang spandex, serat rayon, serta benang ynag diperoleh dari serat bambu.

Kombinasi ketiga bahan ini digunakan karena setiap bahan tersebut memiliki karakteristik yang dapat menghasilkan bahan yang berkualitas, dimana serat rayon sendiri memiliki karakteristik dapat menyerap panas, benang spandex yang memiliki karakteristik dan identik dengan tingkat kelenturannya yang tinggi, serta benang dari serat bambu yang ringan.

Spandex jenis ini sangat cocok jika dijadikan bahan untuk membuat pakaian sehari-hari.

6. Bahan Spandex PE

7 Bahan Spandex dan Juga Karakteristik Setiap Jenis Kainnya
photo: shopee

Jenis kain spandex yang keenam aialah kain spandex PE. Spandex PE ini sendiri seperti namanya merupakan sebuah kain spandex yang ternuat dari bahan Polyester atau PE.

Bentuk bahan ini pada umumnya tampak menyerupai bahan kaos, namun bahan ini memiliki ciri khas yaitu lebih tipis jika dibandingkan dengan kain lainnya. Selain itu, harga bahan spandex PE ini umumnya juga lebih murah jika kita bandingkan dengan kain lainnya.

7. Bahan Spandex Korea

7 Bahan Spandex dan Juga Karakteristik Setiap Jenis Kainnya
photo: Lazada

Jenis kain spandex yang ketujuh ialah jenis spandex korea. Jenis spandex ini juga disebut dengan bahan kain spandex ITY atau Interlocked Twisted Yarn. Secara umum, jenis spandex korea ini memiliki kemiripan yang cukup besar dengan jenis spandex jersey.

Namun keduanya memiliki perbedaan, pada kain spandex korea ini sendiri dapat terlihat dari beratnya. Dimana, jenis spandex ini pada umumnya lebih berat apabila kita bandingkan dengan jenis spandex rayon maupun jenis spandex jersey.

Related posts