16 Bahan Cocok untuk Kerudung dari yang Biasa Hingga Elegan

16 Bahan Cocok untuk Kerudung dari yang Biasa Hingga Elegan
photo: Naisha Hijrah

Bahan cocok untuk kerudung sekarang semakin beragam dan variatif, mulai dari bahan voile hingga organza. Yuk kita pahami berbagai jenis bahan untuk kerudung yang nyaman untuk dikenakan.

Seperti yang Kita ketahiui seiring dengan perkembangan zaman maka kerudung di pasaran juga semakin beragam yang ditawarkan, khususnya oleh toko online di media sosial. Dulu, bahan yang paling terkenal sebagai bahan kerudung adalah bahan paris, kini variasinya semakin beragam. Namun sebelum membeli, Kamu dapat menyimak beberapa poin di bawah ini agar nantinya tidak salah beli kerudung.

Read More

Berikut adalah beberapa rekomendasi bahan kerudung untukmu.

Bahan Cocok untuk Kerudung 1: Kerudung Paris

16 Bahan Cocok untuk Kerudung dari yang Biasa Hingga Elegan
photo: Naisha Hijrah

Bahan kerudung yang satu ini sangat popular pada era tahun 2000-an dan sjuga sangat digandrungi oleh para kerudungers. Kerudung paris sangat cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari karena kerudung dengan bahan ini sangat ringan dan juga mudah untuk dibentuk.

Paris adalah salah satu bahan katun yang memiliki karakteristik kain yang tipis dan ringan. Jenis bahan katun paris juga cukup variative dari yang biasa hingga premium. Produsen bahan kain paris juga cukup banyak sehingga yang beredar di apsaran juga variatif.

Ada kerudung paris premium lebih ringan dan lembut dan menggunakan sedikit saja bahan poliester, namun ada juga bahan paris yang lebih murah pula. Biasanya bahan paris yang lebih murah mengandung lebih banyak poliester sehingga kerudung terasa lebih kaku ketika dikenakan.

Bahan Cocok untuk Kerudung 2: Kerudung Voile/Voal.

16 Bahan Cocok untuk Kerudung dari yang Biasa Hingga Elegan
shopee

Kerudung dengan bahan ini mulai popular sejak tahun 2015 dan tentunya jenis ini juga sangat digandrungi oleh kerudungers. Sekilas kerudung ini memiliki karakteristik yang mirip dengan kerudung paris, namun bahan voile bukanlah jenis katun. Voile memiliki karakteristik serat kain yang lebih renggang dari paris, namun kainnya lebih tebal. Harganya cenderung lebih mahal dari paris, karena tidak transparan dan tentunya kerudung jenis ini lebih premium dan juga elegan.

Kerudung voile yang dijual di pasaran kebanyakan bentuknya berupa kerudung segi empat. Teksturnya dari kerudung ini juga sangat ringan ketika dikenakan, tipis tapi tidak menerawang dan tidak mudah kusut, sehingga sangat cocok untuk dikenkan dalam berbagai acara, kerudung ini juga mudah untuk dibawa-bawa karena tidak mudah kusut jadi cocok di bawa untuk traveling. Kerudung ini cocok untuk dipadukan dengan pakaian apapun.

Bahan Cocok untuk Kerudung 3: Kerudung Diamond Italiano

16 Bahan Cocok untuk Kerudung dari yang Biasa Hingga Elegan
photo: pinterest

Bahan kerudung selanjutnya yang tidak kalah popular adalah jenis kerudung dengan bahan diamond italiano. Kepopuleran kerudung jenis ini adalah mulai tahun 2013. Diamond italiano sebenarnya merupakan nama kain dari jenis sifon. Kain ini memiliki terkstur kain seperti jeruk, dengan bahan yang tebal dan yang menjadi keunggulannya adalah kerudung ini tidak mudah kusut.

Kain jenis ini biasa dikenal sebagai bahan untuk shawl atau pashmina. Beda dengan voile dan paris, kerudung berbahan diamond italiano ini memiliki tekstur yang lebih licin. Kerudung ini juga mudah dibentuk dan dapat tegak ketika dikenakan.

Bahan Cocok untuk Kerudung 4: Kerudung Cashmere

16 Bahan Cocok untuk Kerudung dari yang Biasa Hingga Elegan
photo: shopee

Bahan jilbab yang biasanya dikenkan untuk pashmina adalah bahan cashmere. Jenis pashmina cashmere sangat popular dan juga sangat banyak ditemukan di daerah Arab. Bahan kain ini di sana sangat digandrungi sebagai bahan kerudung.

Kain cashmere sebenarnya termasuk jenis kain yang cukup tebal apabila dikenakan pada negara tropis seperti di Indonesia. Namun karena tebal, pashmina cashmere ini tidak transparan, mudah dibentuk . Kerudung dengan jenis ini lebih cocok jika dikenakan ketika sedang berada di cuaca dingin.

Bahan Cocok untuk Kerudung 5: Kerudung Polycotton

16 Bahan Cocok untuk Kerudung dari yang Biasa Hingga Elegan
shopee

Kerudung berbahan polycotton sangat popular beberapa tahun terakhir. Sesuai namanya, bahan dari kerudung ini adalah dari cotton dan polyester. Gabungan bahan ini menghasilkan kerudung dengan kriteria kerudung yang ringan, tidak mudah kusut, dan mudah dibentuk.

Bahan jilbab ini biasanya dipakai untuk kerudung segi empat. Harganya juga cukup terjangkau dan lebih murah dibandingkan bahan voile. Namun sayangnya, karena kandungan polyester yang lebih banyak dari voile, kadan kerudung dengan bahan polyester lebih licin ketika dipakai.

Bahan Cocok untuk Kerudung 6: Kerudung Crinkle

16 Bahan Cocok untuk Kerudung dari yang Biasa Hingga Elegan
photo: pinterest

Kerudung dengan bahan crinkle shawl juga banyak dijual di online shop. Ciri khas dari kerudung bahan ini adalah kerutan-kerutan khusus pada kerudung yang membuat teksturnya terlihat unik. Crinkle sebenarnya juga memiliki beberapa jenis, ada yang terbuat dari viscose hingga linen.

Kerudung berbahan crinkle inisangat cocok bila dikenakan untuk traveling dan kamu tidak perlu menyetrikanya untuk terlihat rapi. Bahan dari kain ini juga sangat ringan sehingga sangat nyaman untuk dikenakan.

Bahan Cocok untuk Kerudung 7: Kerudung Wolfis

16 Bahan Cocok untuk Kerudung dari yang Biasa Hingga Elegan
photo: pinterest

Bahan kerudung yang satu ini biasanya digunakan untuk bahan kerudung syar’i karena tidak transparan namun tetap terasa ringan ketika dipakai. Nama asli dari bahan kerudung yang satu ini adalah woolpeach, namun kebanyakan masyarakat Indonesia menyebutnya dengan wolfis.

Bahan kain wolfis ini terbuat dari 100% poliester. Memiliki karakteristik serat yang rapat dan mudah untuk disetrika. Namun, bahan wolfis sering terasa lebih gerah disbanding kain katun. Oleh karenanya jika dibanidngkan dengan bahan lain, maka kain ini sebenarnya cenderung lebih murah dibandingkan jenis bahan jilbab lainnya.

Bahan Cocok untuk Kerudung 8: Kerudung Kaos

16 Bahan Cocok untuk Kerudung dari yang Biasa Hingga Elegan
photo: Adwara Hijab

Jilbab dengan bahan kaos sudah dikenakan sebagai kerudung sudah sejak lama. Biasanya bahan kaos ini dikenakan dengan untuk kerudung instan. Namun seiring perkembangan fashion, sekarang Kamu dapat menemui kerudung kaos dalam berbagai model termasuk sebagai bahan pashmina.

Jenisnya juga sangat beragam. Secara umum, bahan kaos terdiri dari dua bahan, yakni PE (Polyethilene) yang terbuat dari serat sintetis dan TC (Teteron-Cotton) yang merupakan gabungan dari serat sintetis dan cotton.

Namun, istilah yang biasa digunakan oleh para penjual biasanya berbeda lagi. Namanya biasanya disesuaikan dengan nama kainnya, misalnya kaos rayon atau kaos combed. Pastikan sebelum membeli Kamu tahu mana kaos yang nyaman untuk dikenakan sehari-hari.

Bahan Cocok untuk Kerudung 9: Kerudung Spandex

16 Bahan Cocok untuk Kerudung dari yang Biasa Hingga Elegan
photo: shopee

Selain bahan kaos, banyak juga kerudung instan yang berbahan kain spandex, misalnya saja kerudung yang dikenakan untuk sekolah ketika olah raga. Bahan yang terbuat dari serat sintetis ini memiliki karakter yang stretch sehingga kerudung dengan bahan ini sangat nyaman untuk dikenakan.

Biasanya kerudung spandex ini memiliki karakteristik kain yang lebih halus sehingga sangat nyaman untuk dikenakan. Ada banyak grade yang tersedia, mulai dari yang biasa hingga yang premium. Kain dengan grade renah biasanya akan lebih panas saat dikenakan. Pastikan Kamu memiliki bahan yang nyaman dan juga sesuai kebituhan ya!

Bahan Cocok untuk Kerudung 10: Kerudung Plisket

16 Bahan Cocok untuk Kerudung dari yang Biasa Hingga Elegan
photo: shopee

Bahan plisket kini tidak hanya kita temukan dalam bentuk celana, rok ataupun pakaian, tapi juga bisa untuk kerudung. Jenis bahan plisket ini biasanya digunakan untuk membuat kerudung pashmina, sehingga lebih mudah dibentuk dengan berbagai model yang kekinian.

Tidak hanya itu, bahan kerudung plisket memiliki kelebihan yaitu tbal, tidak menerawang dan juga mudah dibentuk sehingga sangat nyaman untuk dikenakan sehari-hari.

Bahan Cocok untuk Kerudung 11: Kerudung Satin

16 Bahan Cocok untuk Kerudung dari yang Biasa Hingga Elegan
photo: shopee

Bahan kerudung lainnya yang tidak kalah fashionable dari bahan lainnya adalah kerudung satin. Kerudung satin terkenal di berbagai negara. Kerudung dengan bahan ini biasanya dikenkan untuk acara-acara formal karena looknya yang sangat elegan.

Ada yang menjual kerudung satin dalam bentuk kerudung segi empat, pashimana ataupun sebagai selendang. Namun, kerudung satin ini cenderung lebih licin saat dipakai sehingga tidak disarankan dipakai untuk sehari-hari.

Bahan Cocok untuk Kerudung 12: Kerudung Organza

16 Bahan Cocok untuk Kerudung dari yang Biasa Hingga Elegan
photo: shopee

Bahan organza senidiri di Indonesia sangat populer sejak tahun 2014. Bahan jilbab ini sering dipakai untuk membuat kerudung segi empat. Kerudung ini memiliki tekstur yang agak tebal dan terlihat berkilau.Tak heran, apabila kerudung organza banyak dipilih untuk acara khusus misalnya saat pernikahan.

Bahan Cocok untuk Kerudung 13: Kerudung Ceruti

16 Bahan Cocok untuk Kerudung dari yang Biasa Hingga Elegan
photo: shopee

Ceruti juga merupakan salah satu jenis kain sifon. Kain ini memiliki tekstur yang sangat ringan sehingga sangat cock untuk berbagai gaya kerudung berlayer atau flowy. Biasanya, ceruti digunakan untuk kerudung pashmina.

Mirip dengan diamond italiano, ceruti memiliki tekstur yang cenderung licin dan membutuhkan jarum pentul untuk merapikannya. Namun terdapat perbedaan di antara keduanya, yaitu ceruti lebih tipis sehingga anti-gerah. Meski begitu, harga dari bahan ini relatif sama dengan kerudung berbahan diamond italiano.

Bahan Cocok untuk Kerudung 14: Kerudung Voal Dobby

16 Bahan Cocok untuk Kerudung dari yang Biasa Hingga Elegan
photo: shopee

Popularitas voal semakin menikat pada tahun 2019. Kini semakin banyak varian voal yang terlihat dari tekstur seratnya. Salah satu jenis voile yang beredar di pasaran adalah kain voal dobby. Serat bahan kerudung ini memang unik, benangnya dirajut menyerupai sebuah anyaman.

Dibanding voal biasa, voal dobby memiliki karakteristik yang lebih tebal sehingga mengesankan gaya tegas. Karena itu, voal dobby dapat dijadikan pilihan untuk menghadiri acara formal. Harga yang ditawarkan pun tidak jauh berbeda dengan kerudung voal biasa.

Bahan Cocok untuk Kerudung 15: Kerudung Maxmara

16 Bahan Cocok untuk Kerudung dari yang Biasa Hingga Elegan
photo: Hijup

NaishaMate sudah sering mendengar jenis kerudung maxmara bukan? Kerudung dengan bahan maxmara ini sempat booming sekitar tahun 2015. Jenis kain ini juga sekilas sangat mirip dengan kain satin. Namun pada kain maxmara teksturnya shiny dan lembut, sehingga cocok untuk acara spesial.

Bahan maxmara juga sering jadi pilihan untuk kerudung motif karena warna dan coraknya akan terlihat lebih indah dan memberikan kesan berkilau yang elegan. Karena karakteristik bahannya mirip satin, jadi sebaiknya kerudung dengan bahan ini dicuci dengan tangan saja.

Bahan Cocok untuk Kerudung 16: Kerudung Silk

16 Bahan Cocok untuk Kerudung dari yang Biasa Hingga Elegan
photo: Hijup

Terakhir adalah kerudung dangan bahan silk. Seperti halnya bahan baju, kain silk atau sutera menempati urutan kain termahal untuk produk kerudung. Kerudung dengan bahan sutera sangat lembut dan adem dipakai. Selain itu juga terdapat sedikit tekstur shiny yang membuatnya terlihat mewah.

Namun, karena bahan silk cukup mudah rusak, maka Kamu harus merawatnya dengan hati-hati. Sebaiknya, hindari mencucinya dengan mesin cuci demi menjaga warna dan juga serat kainnya.

Related posts