Usaha yang Berhubungan Dengan Jual Beli Adalah?

Usaha yang Berhubungan Dengan Jual Beli Adalah?

Usaha yang berhubungan dengan jual beli adalah berikut ini! Kegiatan usaha dan juga kegiatan jual beli menjadi salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh semua orang. Kegiatan jual beli dan juga usaha pastinya merupakan sebuah kegiatan yang saling berkaitan atau berhubungan.

Orang akan membuka usaha untuk bisa memberikan semua kebutuhan yang di inginkan oleh masyarakat. Selain itu, orang yang membuka usaha tentunya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari usahanya tersebut. Dari adanya sebuah usaha, pastinya akan ada konsumen atau orang yang membutuhkan usaha tersebut. Dan dari situlah terjadi kegiatan jual beli yang dilakukan antara orang yang membutuhkan dan juga orang yang menyediakan kebutuhan, atau lebih di kenal dengan penjual dan pembeli.

Lalu usaha yang berhubungan dengan jual beli kira kira apa sih? Nah buat yang ingin tahu, mari simak ulasan berikut sampai selesai!

Pengertian Usaha

usaha yang berhubungan dengan jual beli
photo : google

Sebelum masuk ke jawabannya, kita belajar sedikit dulu mengenai apa itu usaha. Usaha atau suatu usaha adalah sebuah upaya manusia untuk melakukan sesuatu yang berguna untuk mencapai tujuan tertentu. Selain itu, usaha juga bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari.

Usaha ada banyak pengertiannya. Dalam Sains, usaha adalah energi yang disalurkan gaya ke sebuah benda sehingga benda itu bisa bergerak. Dalam bisnis, usaha merupakan sebuah bisnis yang menghasilkan keuntungan tertentu yang di jalankan dengan menggunakan modal yang bisa digunakan untuk membuat sebuah usaha.

Dalam ulasan kali ini kita akan lebih membahas mengenai usaha dalam sebuah bisnis yang ada di sekeliling kita.

Kegiatan Jual Beli

Usaha yang Berhubungan Dengan Jual Beli Adalah?
photo : google

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan usaha, kita pelajari juga apa yang dimaksud dengan kegiatan jual beli. Apa sih yang dimaksud dengan kegiatan jual beli? Jual beli adalah sebuah kegiatan tukar menukar barang. Kegiatan ini sudah dilakukan dan di praktikkan oleh masyarakat sejak jaman dahulu.

Mungkin sudah sering mendengar istilah barter. Barter adalah sebuah kegiatan tukar menukar barang yang terjadi diantara 2 pihak tanpa adanya perantara alat tukar yaitu uang. Kegiatan ini sama dengan kegiatan jual beli, namun bedanya, kegiatan jual beli sudah menggunakan alat tukar untuk bisa mendapatkan barang yang di ingikan.

Barter bisa dikatakan sebagai awal mula adanya kegiatan jual beli dan juga salah satu penyebab adanya perdagangan antar masyarakat. Hal ini disebabkan karena dengan adanya kegiatan barter, manusia semakin berkembang dan akhirnya bisa menciptakan sebuah alat tukar yang dinamakan dengan uang untuk bisa mempermudah kegiatan tukar menukar barang.

Dari sinilah kita tahu bahwa kegiatan jual beli dan seluruh kegiatan perdagangan yang kita lakukan sekarang ternyata sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang dahulu. Penemuan uang sebagai alat tukar barang sangat memudahkan semua manusia di zaman sekarang.

Usaha yang Berhubungan dengan Jual Beli

Dari uraian diatas bisa disimpulkan bahwa sebuah usaha yang berhubungan dengan jual beli adalah sebuah perdagangan. Kegiatan ini melibatkan seorang penjual dan juga pembeli.

Perdagangan

Apa sih yang dimaksud dengan perdagangan? Perdagangan atau bisa juga disebut dengan perniagaan adalah sebuah kegiatan tukar menukar barang, jasa atau keduanya yang berdasarkan pada kesepakatan bersama dan tidak adanya pemaksaan. Cikal bakal adanya perdagangan ini adalah dari kegiatan barter yang masih menggunakan sesama barang.

Dan semenjak ditemukannya uang sebagai alat tukar, perdagangan modern juga berubah menggunakan uang. Setiap barang yang dijual dinilai dengan sejumlah uang. Prosesnya adalah pembeli yang membutuhkan jasa atau barang itu akan menukarkannya dengan sejumlah uang yang diinginkan oleh penjual.

Ada 3 orang yang berperan dalam kegiatan perdagangan, yaitu :

Produsen

Produsen adalah orang atau pihak yang melakukan kegiatan produksi dalam bidang ekonomi. Bisa dikatakan bahwa produsen adalah orang atau pihak yang membuat suatu barang.

Konsumen

Yang kedua ada konsumen. Konsumen ini juga disebut dengan pembeli. Konsumen adalah orang atau pihak pihak yang membayar untuk bisa mendapatkan jasa atau produk dengan tujuan untuk dihabiskan, dipakai atau digunakan.

Distributor

Dan yang terakhir adalah distributor. Distributor adalah seorang atau pihak pihak yang berperan sebagai perantara untuk menyalurkan produk yang dibuat oleh produsen ke retil atau toko yang kemudian bisa langsung dikonsumsi oleh konsumen.

Tujuan Perdagangan

Secara simpel kegiatan perdagangan mempunyai tujuan adalah untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya, perdagangan yang dilakukan dalam sebuah negara pastinya sangat membantu pemerintah dalam meningkatkan devisa negara. Perdagangan juga mempunyai tujuan untuk bisa mendapatkan keuntungan bagi siapapun yang terlibat di dalamnya.

Yang Diperdagangkan

Ada 2 macam hal yang bisa diperdagangakan, yaitu sebagai berikut :

Barang

Usaha yang Berhubungan Dengan Jual Beli Adalah?
photo : google

Jenis barang yang di perdagangkan ada berbagai macam, mulai dari barang atau produk tekstil, produk kulit, makanan, perhiasan, kebutuhan pangan, elektronik, peralatan rumah tangga dan masih banyak lagi.

Jasa

Usaha yang Berhubungan Dengan Jual Beli Adalah?
photo : google

Dan hal yang bisa diperdagangankan selain barang adalah jasa. Jasa bisa disebut dengan layanan. Jasa adalah sebuah aktivitas ekonomi yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang barang milik namun tidak menghasilkan transfer kepemilikan. Contoh jasa adalah :

  • Jasa transportasi
  • Jasa pengiriman barang
  • Jasa fotografi
  • Jasa potong rambut
  • Jasa penyewaan mobil
  • Dan masih banyak lagi

Macam Macam Perdagangan

Kegiatan perdagangan ada berbagai macam, berikut ini adalah salah satu contoh perdagangan :

Perdagangan Dalam Negeri

Perdagangan dalam negeri adalah sebuah proses kegiatan jual beri baik barang dan juga jasa dengan sistem perdagangan yang hanya mencakup di wilayah suatu negara saja. Perdagangan ini tidak mencangkup kegiatan perdagangan ke luar negeri.

Contoh dari perdagangan dalam negeri adalah :

  • Kegiatan jual beli di pasar
  • Kegiatan jual beli di pasar online atau e commerce
  • Dan lain lain

Perdagangan Internasional

Lalu ada perdagangan internasional. Perdagangan internasional adalah sebuah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk dari negara lain atas dasar sebuah kesepakatan bersama. Penduduk ini bisa antar perorangan, antar individu dan juga antar kelompok dalam sebuah negara. Contoh perdagangan internasional adalah :

Impor

Impor adalah sebuah proses transportasi barang atau komoditas dari suatu negara ke negara lain secara legal. Proses impor ini biasanya adalah kegiatan memasukkan barang dari negara lain ke dalam negeri sendiri.

Ekspor

Ekspor adalah sebuah kegiatan yang sering dilakukan oleh sebuah negara. Ekspor adalah kegiatan menjual barang atau jasa ke luar negeri.

Contoh Perdagangan

Usaha yang Berhubungan Dengan Jual Beli Adalah?
photo : google

Di sekitar kita ada banyak sekali contoh contoh perdagangan yang mungkin sering kita gunakan. Berikut ini adalah beberapa contoh perdagangan yang ada di sekitar kita :

  • Toko sembako
  • Toko pakaian
  • Reseller
  • Online Shop
  • Dan lain lain

Nah itulah tadi beberapa penjelasan mengenai sebuah usaha yang berhubungan dengan jual beli. Dari sini kita tahu bahwa usaha yang berhubungan dengan jual beli adalah salah satunya perdagangan. Semoga bermanfaat!

Writer: Nadia Lulu A

Related posts