5 Bahan Toyobo, Kelebihan dan Kekurangan Hingga Cara Perawatannya

5 Bahan Toyobo, Kelebihan dan Kekurangan Hingga Cara Perawatannya
photo: google

Seperti halnya kain maxmara yang sebetulnya merukaan produk perusahaan Italia, namun kain bahan Toyobo merupakan produk yang merujuk pada perusahaan tekstil di Jepang. NaishaMate juga perlu mengetahui bahwa mereka bukanlah nama produk, melainkan nama perusahaan. Di Indonesia, Toyobo merupakan salah datu jenis kain yang diimpor dari Jepang selain katun Jepang dan inma premium.

Bahan Toyobo 1: Jenis-jenis Kain Toyobo

5 Bahan Toyobo, Kelebihan dan Kekurangan Hingga Cara Perawatannya
photo: shopee

Bahan kain Toyobo memiliki peminat yang cukup besar di pasar textile Indonesia. Besarnya permintaaan pasar inilah yang kemudian membuat berbagai perusahaan textile membuat kain jenis ini dengan berbagai kualitas yang ditawarkan. Dikearenakan kualitas yang bermacam-macam harga kain Toyobo di pasaran juga relative bermacam-macam tergantung dengan kualitas kain. Namun sejatinya kain katun Toyobo yang asli merupakan kain Toyobo yang diproduksi oleh perusahaan dari Jepang.

Read More

Bahan Toyobo 2 : Ciri Khas dari Kain Toyobo

photo: google

Banyaknya peminat kain ini tidak hanya banyak pabrik yang membuat kain dengan berbagai grade kain, namun justru memunculkan kain Toyobo KW. Oleh karenanya, sebaiknya sebelum membeli NaishaMate, pastikan sudah mengetahui sudah memahami ciri khas dari kain agar tidak sampai membeli. Berikut ini merupakan beberapa cara mudah untuk mengidentifikasi bahan kain Toyobo asli ketika sedang berkunjung di took kain:

1. Bahan Toyobo Memiliki Serat Kain Rapat & Bahan Jatuh

Ketika ingin membeli kain Toyobo, maka hal yang paling utama adalah melihat seperti apa serat kainnya. Serat dari kain Toyobo cenderung rapat-rapat, dan tidak ada celah sehingga kain ini tidak menerawang ketika dikenakan. Meskipun begitu, kain Toyobo asli kainnya cenderung jatuh.

2. Bahan Toyobo Tidak Mengkilat

Cara selanjutnya adalah cara yang paling mudah cara terbaik memilih kain Toyobo adalah dengan mencari kain yang tidak mengkilap. Perlu diketahui juga bahwa kain Toyobo tidak ada yang mengkilat dan tidak ada memiliki warna-warna yang aneh. Karena kain Toyobo yang saat ini beredar luas di Indonesia umumnya adalah warna dasar seperti hitam, biru, merah, dan hijau.

3. Bahan Toyobo Tidak Mudah Kusut

Kain Toyobo memiliki sifat kain yang jatuh, namun keunggulan lain dari kain ini adalah tidak mudah kusut. Setelah disetrika dan sudah dikenakan, kain akan tetap tampil bagus dan tidak terlihat kusut. Proses setrikanya juga sangat mudah, Kamu tidak perlu menggunakan suhu yang terlalu panas. Jadi, untuk mengetes sebuah kain Toyoba cobalah untuk melipatnya apakah kain akan meninggalkan bekas lipatan atau tidak.

4. Bahan Toyobo Harga Kain

Jangan tertipu dengan penawarna harga kain yang sangat murah. Karena pada umumnya, harga kain Toyobo berkisar antara Rp 40.000 -Rp 60.000 dan sangat jarang ada kain Toyobo yang harganya di bawahnya. Namun tentu saja jika Kamu membeli dalam jumlah banyak, maka semakin murah harga yang didapatkan.

5. Bahan Toyobo Halus dan tidak Kasar

Kain Toyobo identic dengan tekstur kain yang halus dan tidak kasar. Oleh karena itu, ketika membeli kain, sebaiknya Kamu merabanya terlebih dahulu untuk memastikannya. Kain Toyobo yang benar adalah yang memiliki permukaan yang rata, halus dan tidak bergelombang.

Bahan Toyobo 3:Kelebihan dan Kekurangan

photo: google

Kelebihan Bahan Toyobo

Terlepas dari jenisnya, kain katun selalu memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh kain sintetis. Salah satunya adalah bahan kain mudah menyerap keringat dengan baik. Khusus kain Toyobo, kain ini memiliki serat rapat, memiliki tekstur yang halus, dan lembut sehingga tidak menerawang, dan kain ini juga agak flowy. Kain yang halus dan alami ini juga memiliki kelebihan yaitu tidak menimbulkan alergi ketika dikenakan.

Kelebihan selanjutnya adalah meskipun kain cenderung jatuh namun tidak melekat dan tidak menimbulkan lekuk tubuh. Permukaan berkilau membuat kain ini memiliki kesan yang elegan ketika dikenakan. Meski memiliki karakter yang cenderung berkilau, warna yang ditampilkan kain Toyobo tak mencolok alias cenderung doff. Tone warna ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin tampil dengan warna-warna kalem.

Kekurangan Bahan Toyobo

Kekurangan dari kain katun Toyobo adalah karena seratnya yang terlalu rapat membuat kain ini lebih tebal dan juga cenderung kaku. Warna yang ditawarkan Toyobo kebanyakan adalah polos dan sangat sulit menemukan kain Toyobo yang memiliki motif.

Selain itu, meski kualitas Toyobo sangat bagus, tapi untuk mendapatkan kualitas terbaik harganya akan cenderung lebih mahal. Mungkin karena harganya yang cenderung mahal, maka kemudian banyak beredar produk tiruan. Produk tiruan tak hanya merugikan produsen kain, tapi juga merugikan konsumen yang tergiur dengan harga lebih murah. Maka cobalah untuk lebih jeli jika ingin membeli kain jenis ini agar tidak salah membeli kain.

Bahan Toyobo 4: Penggunaan dalam Busana

photo: shopee

Apabila melihat lebih dekat tentang kualitas yang ditawarkan pada kain Toyobo, maka kain jenis ini bisa dimanfaatkan untuk beragam busana, baik itu fashion wanita maupun pria tentunya dengan berbagai desain yang kekinian. Karena memiliki bahan tebal, maka tidak perlu repot memberikan lapisan furing.

1. Baju, Kemeja, dan Gamis

photo: shopee

Kain Toyobo yang cukup jatuh dan adem maka darinitu sangat cocok jika dijadikan baju. Karena kain tak mudah kusut, maka tidak perlu merasa khawatir jika akan mengenakannya seharian dengan baju bahan Toyobo. Menariknya, kain Toyobo bisa dikenakan dalam berbagai acara.

2. Rok

photo: shopee

Model rok yang saat ini sedang digemari adalah desain long flared skirt. Bahan Toyobo yang tebal dan jatuh adalah salah satu alas an mengapa kain jenis ini bagus untuk dijadikan rok. Warna doff dengan kilau redup pada rok Toyobo tentunya akan membuat penampilan menjadi lebih anggun.

3. Outer

photo: shopee

Untuk penggunaan yang lebih stylish, NaishaMate dapat membuat sebuah outer dari kain Toyobo. Outer yang belakangan juga menjadi salah satu trend fashion. Outer  adalah sebuah busana luar seperti jaket, rompi, blazer, cardigan, dan lainnya. Outer memiliki fungsi yang bukan hanya sebagai penghangat tubuh, tapi juga penunjang penampilan agar lebih indah dan kekinian.

Membuat outer dari kain Toyobo, selain memiliki kain yang lembut, adem, dan tidak menerawang, tentunya modelnya juga dapat disesuaikan dengan selera konsumen.

Bahan Toyobo 5: Tips Perawatan Kain Toyobo

photo: google

Perawatan pakaian berbahan kain Toyobopun sebenarnya sangat mudah seperti halnya kain lain. Untuk lebih jelasnya NaishaMate dapat menyimak beberapa tips perawatannya berikut ini:

Laundry Satuan

Langkan tercepat dan mudah adalah dengan menaruhnya di laundry, namun sebaiknya dipisahkan dengan jenis pakaian lain. Jenis laundry yang dimaksud adalah laundry satuan agar dapat merawat baju lebih maksimal sehingga kualitasnya tetap terjaga dengan baik. Namun laundry satuan sayangnya memiliki biaya yang cukup mahal.

Mencuci secara manual ataupun dengan mesin

Cara mencuci kain Toyobo dengan lebih terjangkau adalah dengan mencuci sendiri. Jika mencuci dengan tangan, lebih baik dikucek pelan dan jangan disikat. Dan apabila mencuci dengan mesin gunakablah mode putaran yang pelan. Pastikan juga mengenakan detergen secukupnya agar tidak meninggalkan residu pada pakaian.

Cara Menjemur

Pakaian berbahan kain Toyobo bisa dikeringkan dengan cara dijemur di luar ruangan atau bisa juga dikeringkan dengan mesin cuci. Jika pakaian yang dicuci hanya sedikit maka dapat dicuci dan dikeringkan dengan mesin cuci. Namun apabila NaishaMate memiliki banyak baju yang dicuci maka sebaiknya dijemur di luar agar baju dapat kering dengan sinar mata hari dan terkena angin sehingga baju tidak berbau apek.

Related posts