3+ Bahan Katun Rayon yang Sangat Nyaman untuk Jadi Pakaian

3+ Bahan Katun Rayon yang Sangat Nyaman untuk Jadi Pakaian
photo: google

Kain bahan katun rayon merupakan kain yang terbuat dari kombinasi antara bahan rayon dan bahan katun. Kombinasi antara kedua bahan itu menghasilkan sebuah kain yang sangat nyaman untuk dikenakan. Bahan katun dan bahan rayon sebenarnya terbuat dari material yang berbeda, bahan katun materialnya dari serat kapas, sedangkan bahan material yang digunakan untuk rayon terbuat dari serat selulosa tumbuhan.

Bahan Katun Rayon

3+ Bahan Katun Rayon yang Sangat Nyaman untuk Jadi Pakaian
photo: google

Di kalangan produsen dan juga konsumen, kain katun rayon cukup populer dan juga memiliki peminat yang cukup banyak. Oleh karenanya akan selalu ada saja peminat kain jenis katun rayon ini. NaishaMate dapat dengan mudah menemukan kain katun rayon di berbagai totk tekstil dan harganyapun juga dapat dijangkau oleh hamper semua kalangan karena ramah di kantong. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu ingin membeli bahan katun rayon untuk pakaianmu.

Read More

Bahan Katun Rayon 1: Karakteristik Katun Rayon

photo: google

Karena kain ini perpaduan dari bahan katun dan rayon maka sekilas kain ini mirip dengan kain rayon. Meskipun kedua jenis kain ini memiliki kemiripan, namun tenang saja karena tetap dapat dibedakan, oleh karenanya kamu harus tahu karakteristik dari kain katun rayon agar tak salah memilih.

Tekstur yang licin pada bahan katun rayon membuat kain ini justru sering dibandingkan dengan kelembutan kain sutra. Kain sutra bisa bisa dibilang kain dengan kualitas bagus, sehingga harga di pasar cukup mahal, sehingga kain sutera lebih dapat dijangkau oleh kalangan menengah ke atas. Dan kain katun rayon yang hamper mirip ini dijual dengan harga yang jauh lebih murah.

Sudah menjadi hal umum, apabila kita mengetahui bahwa kain katun memiliki daya serap yang tinggi. Oleh karenanya, kain katun rayon juga memiliki daya serap keringat tinggi juga, sehingga penggunanya akan lebih nyaman karena adem ketika dikenakan.

Sementara itu, bahan rayon sering dikenal dengan serat sintetis, sehingga sedikit berbeda dengan kain katun. Bahan rayon ini mengandung unsur kimia, seperti karbon, oksigen, dan hidrogen. Dari unsur-unsur kimia tersebut, bahan rayon tidak akan cepat kusut dan akan tampak seperti mengkilap.

Bahan katun rayon yang mudah didapatkan di pasaran ini bukan hanya bisa dijadikan untuk bahan membuat berbagai model pakaian. Misalnya saja untuk kemeja, dress, daster bahkan gamis.

Bahan Katun Rayon 2: Kegunaan Katun Rayon

photo: google

Di dalam dunia fashion, bahan katun rayon dapat diaplikasikan menjadi berbagai macam model busana. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan bahan katun rayon di dalam dunia fashion.

Bahan Katun Rayon untuk Rok

photo: shopee

Rok yang biasa digunakan oleh wanita dalam berbagai kesempatan, bisa untuk kerja, kuliah, atau hanya untuk daily karena rok cocok untuk dikenakan kapan saja. Rok yang terbuat dari bahan ini saat digunakan, maka akan membuatnya lebih indah dan kekinian, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang yang mengenakannya. Selain itu, rok yang terbuat dari bahan ini bisa dikombinasikan dengan pakaian apapun, mulai dari look formal hingga casual.

Bahan Katun Rayon untuk Gamis atau Dress

photo: google

Seperti yang kita tahu bahwa bahan katun rayon ini sangat cocock untuk digunakan sebagai bahan gamis dan juga dress. Beberapa gamis dari Naisha Hijrah juga menggunakan bahan katun rayon sehingga membuat penampilan lebih nyaman dan indah.

Sebenarnya bahan untuk membuat gamis ini sangatlah fariatif, sehingga kamu bisa memilihnya sesuai selera. Namun, bagi kamu yang belum tahu bahan gamis seperti apa yang nyaman ketika dikenakan maka kamu dapat mencoba untuk menggunakan bahan katun rayon.

Dengan sebuah kombinasi bahan yang nyaman ini akan membuat Kamu tidak kegerahan ketika memakainya. Selain itu, gamis dari bahan katun rayon akan terlihat lebih elegan dan yang paling menarik adalah katun rayon memiliki sangat banyak varian warna yang indah.

Bahan Katun Rayon untuk Kemeja dan Koko

photo: shopee

Ternyata bahan katun rayon bukan hanya bisa digunakan untuk membuat pakaian wanita saja, namun tentunyajuga bisa untuk pakaian laki-laki. Kain katun rayon ini dapat dikenakan untuk bahan pembuatan kemeja, dan baju koko. Jadi bisa juga untuk membuat baju kembaran dengan pasangan menggunakan bahan rayon ini.

Bahan Katun Rayon 3: Kekurangan dan Kelebihan Katun Rayon

Bahan Katun Rayon: Kekurangan Katun Rayon

photo: shopee

Sama dengan bahan-bahan pembuatan pakaian yang lainnya. Perlu kita ketahui bahwa katun rayon juga memiliki beberapa kekurangan, berikut ulasannya:

1. Tidak Mudah Kering

Dibalik kelebihannya yang dapat menyerap keringat dengan baik, bahan katun rayon memiliki kekurangan berupa tidak mudah kering ketika kain dalam keadaan sangat basah. Apabila pakaian atau busana berbahan katun rayon tidak mudah kering hal ini dapat mengakibatkan warna pada kain katun rayon mudah memudar dan tidak indah lagi.

Oleh sebab itu, ketika kamu memiliki pakaian atau busana yang berasal dari bahan katun rayon, sebaiknya sebelum menjemur diperas dengan baik dulu dan juga di jemur ketika ada sinar matahari, namun ketika sudah kering lebih baik segera diangkat agar warnanya tidak memudar.

2. Tidak Awet

Kekurangan berikutnya yang terdapat pada kain katun rayon adalah kain ini tidak tahan lama alias tidak awet. Terlebih lagi, apabila kain terlalu sering terkena terik matahari secara langsung. Bukan hanya dari panas sinar matahari saja,  suhu setrika juga dapat membuat serat dan juga warna pada kain menjadi cepat rusak. Kain katun rayon yang mudah rapuh, jadi sudah tentu kain ini sangat mudah robek juga. Bahkan, tak sedikit kain katun rayon cepat berjamur dan menimbulkan bau tidak sedap.

3. Mudah Terbakar

Selain dua kekurangan itu, bahan katun rayon juga salah satu kain yang sangat mudah terbakar, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk dikenakan saat beraktifitas di dekat perapian. Maka dari itu, ketika menggunakan pakaian berbahan katun rayon, NaishaMate harus tetap berhati-hati, agar tidak terbakar.

Bahan Katun Rayon : Kelebihan Katun Rayon

photo: google

Setelah mengetahui kelebihan dari bahan katun rayon, tentu saja ada kelebihan kain katun rayon yang dapat menjadi pertimbangan ketika hendak menggunakannya.

1. Warna yang Mengkilap

Bahan katun rayon mempunyai kelebihan pada berbagai warna yang indah dan mengkilap sehingga memiliki daya Tarik tersendiri. Selain itu, warna-warna dari bahan ini juga sangat beragam mulai dari warna cerah hingga warna gelap, kamu akan dibuat terpesona ketika melihat berbagai macam warna yang ditawarkan.

2. Tekstur Kain Sangat Halus

Kelebihan pada bahan katun rayon adalah tekstur kain yang  halus dan licin. Oleh sebab itu, beberapa orang menjuluki kain ini mirip dengan tekstur kain sutera. Tekstur yang halus akan mengurangi risiko gesekan yang sangat memungkinan terjadi pada kulit. sehingga NaishaMate dapat terhindar dari iritasi kulit

3. Kemampuan Menyerap Keringat Sangat Baik

Bahan katun sangat dikenal dengan bahannya yang dapat menyerap keringat dengan sangat baik, sehingga bahan katun rayon juga memiliki daya serap keringat yang optimal. So, kamu dapat mengenakan pakaian dengan bahan katun rayon ini untuk daily.

4. Cara Merawat yang Mudah

Banyak yang memiliki pakaian atau busana berbahan dasar kain katun rayon karena memiliki cara merawat yang cukup mudah. Bahkan, kamu bisa melakukannya sendiri, dan tidak memerlukan mesin cuci.

Related posts