7+ Bahan Maxmara dan Juga Kelebihan Serta Kekurangannya

7+ Bahan Maxmara dan Juga Kelebihan Serta Kekurangannya
photo: shopee

NaishaMate, mari kita membahas mengenai bahan kain yang memiliki kemiripan dengan kain satin, yaitu kain maxmara. Bahan maxmara sendiri juga sering dikenakan sebagai bahan pembuatan gamis, dress, atasan, dan lain sebagainya.

Sebenarnya kain satin dengan kain maxmara memiliki ciri dan juga karakteristik yang berbeda. Perlu diketahui juga, bahwa kedua kain ini sangat banyak dicari di pasaran.

Read More

Lantas seperti apa yang dimaksud dengan kain maxmara ini? Kemudaian apa keunggulan dari kain jenis ini? Mari kita simak ulasan

Mengenal Bahan Kain Maxmara

7+ Bahan Maxmara dan Juga Kelebihan Serta Kekurangannya
photo: shopee

Apa itu kain dengan bahan maxmara? Sifat atau karakteristik dari bahan maxmara adalah memiliki tekstur lembut, adem dan sangat nyaman untuk dikenakan.

Beberapa orang yang beranggapan bahwa serat yang dimiliki kain maxmara sama dengan kain satin. Nah, untuk itu perlu kita ketahui bahwa kain satin memiliki nama tenun serat filament, dan memiliki ciri bahan kain yang mengkilap atau glossy.

Sedangkan untuk kain maxmara diambil dari nama rumah mode dunia yang memiliki kepopulerab dalam membuat kain yang berkualitas.

Bahan Maxmara: Karakteristik Kain Maxmara

photo: Lazada

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, bahwa kain maxmara berbeda dengan kain satin meski sering disamakan. Namun, apabila kamu teliti dan melihatnya lebih dekat lagi, maka akan terlihat perbedaan kedua kain tersebut.

Adapun beberapa karakteristik dari kain maxmara adalah sebagai berikut:

  1. Bahan kain memiliki tekstur yang licin, ringan dan jatuh.
  2. Tidak panas ketika dipakai
  3. Kain relatif adem dan lembut ketika bersentuhan dengan kulit.
  4. Bahan kain yang tipis.
  5. Ciri kain cenderung berkilau dan ada yang doff.
  6. Serat bahan pada kain maxmara lebih rapi.
  7. Saat dikenakan akan terasa nyaman.
  8. Meskipun bahan kain ini tipis namun kain ini tidak menerawang.

Bahan Maxmara: Jenis Kain Maxmara

photo: shopee

Bahan kain maxmara memiliki banyak sekali jenis yang beredar di pasaran. Kamu juga dapat menemukannya dengan mudah di took kain terdekat. Adapun jenis kain dari maxmara adalah sebagai berikut:

Bahan Maxmara 1: Maxmara Lux

photo: BigGo

Kain maxmara jenis ini memiliki karakteristik yang adem ketika dikenakan, paling lembut, paling jatuh dan juga warna pada bahannya paling doff.

Selain itu serat yang ada pada kain ini lebih terlihat jika dibandingkan dengan jenis maxmara lainnya. Jika Kamu melihatnya dengan detail, maka akan menemukan perbedaan yang mencolok pada tekstur permukaan kainnya.

Bahan Maxmara 2: Maxmara Galaxy

photo: shopee

Jenis kain maxmara yang selanjutnya adalah jenis maxmara galaxy, kain maxmara ini memiliki ciri bahan kain yang lebih kaku dan warnanya lebih mengkilau dibandingkan dengan maxmara lux.

NaishaMate juga perlu tahu bahwa kain ini bisa menghantarkan Kamu sebagai pemakai akan merasa nyaman.

Apabila dibandingkan dengan maxmara lux, maka yang jadi perbedaannya adalah serat bahan pada kain yang hampir tidak terlihat.

Bahan Maxmara 3: Maxmara Lokal

photo: shopee

Ada jenis kain maxmara ini memiliki karakteristik serat yang tebal, mengkilap dan cenderung warna doff, ini merupakan salah satu jenis maxmara lokal. Selain itu, bobot dari kain ini sedikit lebih berat.

Karena karaktristik tersebutlah, jenis kain ini sering dijadikan bahan dasar dalam pembuatan gamis atau rok, dan tidak perlu menambahkan furing lagi.

Selain itu, jenis kain ini juga sering menjadi bahan dasar pembuatan khimar atau hijab.

Apabila dibandingkan dengan jenis maxmara lainnya, harga yang ada di jenis maxmara ini di bawah standar dan tentunya relataif terjangkau. Meskipun demikian, kualitas dari bahan maxmara yang satu ini tetap bagus.

Bahan Maxmara 4: Maxmara Polos

photo: TigaKain

Maxmara polos berada pada grade yang sama dengan kain maxmara lux, dan kain maxmara jenis ini masih berada di posisi atas dari maxmara galaxy.

Adapun serat kain maxmara jenis ini memiliki tekstur kain yang lebih lembuy dan warnanya cenderung glossy. Selain itu, jenis kain ini termasuk dalam golongan kain yang nyaman karena tidak kaku dan jatuh, sama seperti halnya maxmara galaxy.

Bahan Maxmara 5: Maxmara Silk

photo: shopee

Tahukah kamu, jenis maxmara apa yang paling premium jika dibandingkan dengan jenis kain maxmara lainnya? Yap, benar sekali kain ini adalah maxmara silk. Maxmara jenis ini meimiliki karakter kain yang berkilau, ringan, adem dan tentunya paling lembut jika dibandinkan dengan kain maxmara lainnya.

Namun, kelemahan dari jenis kain ini adalah bahan kainnya yang sedikit lebih menerawang dan terlalu menempel pada tubuh ketika dikenakan.

Oleh karena itu, apabila akan menggunakan kain jenis ini sebagai bahan sebuah pakaian maka kenakanlah furing di dalamnya agar tidak menerawang ketika dikenakan.

Bahan Maxmara 6: Maxmara Midi

photo: shopee

Selanjutnya ada jenis kain maxmara yang memiliki karakteristik paling kaku dan berkilau, apabila dibandingkan dengan kain maxmara jenis galaxy dan lux, adalah maxmara midi.

Maxmara jenis ini memiliki tekstur permukaan yang licin seperti lilin, dan namun tidak terlihat oleh kasat mata.

Bahan Maxmara 7: Maxmara Pure Italiano

photo: tokopedia

Selain maxmara silk, ada juga jenis kain maxmara yang bisa dibilang sebagai kain yang premium, yaitu maxmara pure italiano.

Karakteristik utama dari maxmara pure italiano adalah kainnya lembut, jatuh, kemudian tipis, berkilau dan lebih ringan jika dibandingkan dengan jenis maxmara lokal.

Perlu NaishaMate perhatikan juga, karena bahan kain yang tipis maka lebih baik menambahkan lapisan kain menggunakan furing, agar kain tidak menerawang ketika di kenakan.

Keunggulan dan Kelemahan Kain Maxmara

Tentunya setiap jenis kain seperti halnya kain jersey dan lainnya, kain maxmara ini tentunya juga memiliki beberapa keunggulan dan juga kelemahan yang harus dipikir terlebih dahulu sebelum membelinya.

Keunggulan Kain Maxmara

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari kain maxamara:

1. Kain memiliki sifat yang licin dan jatuh

Keunggulan pertama yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri untuk pembeli kain maxmara ini adalah, karena kain maxmara memiliki sifat kain yang licin, jatuh dan termasuk kain yang tipis. Meskipun kain ini tipis, tapi hampir semua jenis kain maxmara tidak transparan ketika dikenakan.

2. Kain Maxmara Memiliki Tekstur yang lembut

Selain licin, kain ini memiliki bahan yang lembut jika dikenakan sehingga nyaman ketika bersentuhan dengan kulit. Oleh karena itu banyak orang menggunakan kain maxmara sebagai bahan pakaian.

3. Tampilan Kain yang Elegan

Kelebihan lain dari kain maxmara adalah tampilan kain yang sangat elegan. Hal ini tidak lain karena kain maxmara memiliki sifat bahan yang berkilau dan cenderung doff.

4. Banyak Variasi Warna

NaishaMate yang memiliki kesukaan pada warna tertentu tidak perlu khawatir, karena kain ini sudah menyediakan berbagai macam warna yang banyak sehingga dapat menyesuaikan keinginanmu.

Kelemahan Kain Maxmara

Keunggulan dari kain maxmara memang menggiurkan, namun sebelum membelinya Kamu juga harus mempertimbangkan beberapa kelemahan yang dimiliki oleh kain maxmara.

Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari kain maxmara yang perlu NaishaMate ketahui:

1. Kain Maxmara Cukup Sulit untuk Dijahit

Seperti yang sudah kamu ketahui di atas, bahwa kain maxmara memiliki karakteristik yang licin. Hal inilah yang kemudian membuat kain maxmara sulit dijahit dengan detail.

Jadi, perlu ekstra hati-hati ketika menjahit kain maxmara agar serat pada kain tidak rusak.

2. Jangan Mencucinya dengan Mesin Cuci

Agar serat bahan pada kain tidak mudah rusak, maka saat mencuci pakaian berbahan maxmara maka gunakanlah tangan. Dan sebaiknya penggunaan mesin cuci ketika mencucinya.

Penggunaan Kain Maxmara

photo: shopee

NaishaMate apakah sudah mengetahui? Bahwa kain maxmara ternyata bisa berguna sebagai bahan dasar pembuatan berbagai busana muslim yang indah, elegan dan tentunya sesuai dengan syari’at.

Seiring dengan berjalannya waktu, kain maxmara juga sering dikenakan untuk bahan pembuatan dress, baju kerja dan semacamnya.

Related posts