6 Macam Bahan Linen Digunakan untuk Berbagai Kebutuhan

6 Macam Bahan Linen Digunakan untuk Berbagai Kebutuhan
photo: pinterest

Sebelumnya Naisha sudah membahas mengenai gamis linen, kemudian gamis  linen wanita, kemudian cara untuk merawat kain linen. Maka selanjutnya kita membahas mengenai berbagai macam bahan linen agar tidak tertukar antara satu dengan yang lainnya. Sama halnya dengan berbagai jenis kain kain lainnya, dimana kain linen ini juga memiliki beberapa jenis dengan karakteristik masing-masing sesuai kebutuhan pengguna. Diantaranya:

Macam Bahan Linen 1: Linen Katun

Untuk macam bahan linen yang akan kita bahas pertama adalah jenis katun, dimana untuk kain ini memiliki detail serat benang yang besar dan nampak terlihat lumayan jelas. Jenis kain ini juga memiliki daya ketahanan yang lebih baik jika dibandingkan dengan jenis kain lain, sampai saat ini jenis kain katun memang menjadi andalan karena keunggulan kualitasnya.

Read More

Pada zaman dahulu untuk mendapatkan kain katun jenis ini harus membayar dengan harga yang sangat mahal karena kerumitannya dalam proses produksi.  Namun kini seiring dengan perkembangan industri tekstil membuat harganya makin terjangkau sehingga banyak orang yang mampu membeli kain jenis ini.

Contoh penggunaan:

6 Macam Bahan Linen Digunakan untuk Berbagai Kebutuhan
photo: pinterest

Sebuah penampilan dengan kemeja berbahan linen katun yang sangat nyaman untuk dikenakan. Gaya kekinian dipadukan dengan celana bahan yang nyaman memang membuat penampilan makin chic. Tampilan yang sederhana namun nyaman untuk dikenakan. Penggunaan kain linen menjadikan look yang menyenangkan ini pada dasarnya memang menjadi salah satu yang menyenangkan dan sangat sesuai dengan anak muda di masa sekarang ini.

Macam Bahan Linen 2: Euro atau Viscouse

Linen Euro ini menjadi salah satu jenis Linen yang memiliki karajter kain kaku dan punya serat kain paling longgar dan besar. Namun, kain linen ini besaran seratnya masih tergolong wajar. Jenis linen Euro ini jika memperhatikannya maka akan terlihat sedikit menerawang karena efek serat kain yang longgar.

Banyak orang yang memanfaatkan bahan linen ini sebagai salah satu bahan gorden, karena alasannya mungkin jenis kain yang tebal. Linen dengan jenis ini juga tergolong berat, dan sifatnya tidak jatuh seperti pada kain Wolfis.

contoh penggunaannya:

6 Macam Bahan Linen Digunakan untuk Berbagai Kebutuhan
photo: google

Sebuah gorden dengan bahan linen ini memang akan menjadi salah satu look yang sangat menyenangkan. Konsep yang simple dengan desain yang manis pada dasarnya memang menjadi pilihan yang sesuai dengan kebutuhan di masa sekarang ini. Gorden ini memiliki karakter yang kaku namun jenis kain ini sangat cocok apabila dikenakan sebagai gorden, terutama untuk rumah yang memiliki konsep minimalis.

Macam Bahan Linen 3: Linen Look

Bahan Linen Look ini adalah jsalah satu jenis kain linen yang memiliki kualitas terbaik. Dimana  pada saat kain ini dipegang maka akan memberikan rasa nyaman ketika digunakan. Pada dasarnya untuk serat kain ini sama dengan jenis Euro tadi, hanya saja kain jenis ini lebih lembut ketika di sentuh.

Karena hal tersebut, kain linen look ini juga halus, empuk, licin, pada saat digunakan. Karena hal tersebut membuat jenis kain ini lebih baik juka dibandingkan dengan linen Euro, dan jika dilihat dari segi kenyamananya jenis kain ini punya efek adem seperti jenis Look.

Contoh penggunaanya:

6 Macam Bahan Linen Digunakan untuk Berbagai Kebutuhan
photo: pinterest

Sebuah pakaian dengan bahan linen yang sangat indah. Pakaian dengan bahan linen yang nyaman ketika dikenakan. Gamis yang indah juga tentunya akan membuat siapapun yang memakainya menjadi lebih indah dan elegan dalam penampilannya. Setelan yang sangat indah ini sangat cocok dikenakan ketika pergi jalan-jalan atau bahkan untuk pergi ngantor dan kuliah. Fashion yang simpel namun sangat manis. Bahan linen yang dikenakan juga sangat indah dan kekinian.

Macam Bahan Linen 4: Lineta atau Slub

Untuk bahan Linen Lineta atau Slub ini menjadi jenis kain dengan dengan susunan rapat dan silang pada permukaanya. Jika linen lineta dibandingkan dengan jenis Look, untuk kain ini lebih tipis dan karakteristiknya juga sangat berbeda dengan jenis kain linen lainnya.

Apabila Kamu menyentuh kain jenis ini maka permukaanya akan Nampak lebih kasar dan cenderung tidak dingin jika dibandingkan Linen look, dan kain ini juga terlihat agak kasar, namun bahan jatuh, kain ini juga memiliki warna yang cenderung tidak begitu mengkilap.

contoh penggunaannya:

6 Macam Bahan Linen Digunakan untuk Berbagai Kebutuhan
photo: google

Sebuah kain linen yang pas dikenakan sebagai napkin. Bahanya Lineta atau Slub ini menjadi jenis kain dengan dengan susunan rapat dan silang pada permukaanya. Jika linen lineta dibandingkan dengan jenis Look, untuk kain ini lebih tipis dan karakteristiknya juga sangat berbeda dengan jenis kain linen lainnya. Kin linen jenis ini memiliki kesan yang sedikit tipis jika diperhatikan.

Macam Bahan Linen 5: Linen Kenzo

Bahan jenis linen yang satu ini berada di pasaran belum cukup lama. Apabila dilihat dari segi ketebalan ia hampir sama dengan jenis Lineta. Bahkan untuk karakteristiknya juga tidak jauh berbeda dengannya.

Namun sayangnya untuk jenis kain ini lebih kasar dan bahnannya tidak memberikan efek yang dingin di kulit. Karena hal inilah kemudian kain jenis kenzo ini digunakan sebagai bahan dasar pembuatan blazer, celana, gamis ikhwan, maupun baju koko.

contoh penggunaannya:

6 Macam Bahan Linen Digunakan untuk Berbagai Kebutuhan
photo: pinterest

Kulot yang simple berbahan linen dipadukan dengan dengan tunik yang manis pada dasarnya memang akan menjadikan sebuah penampilan lebih anggun. Dipadukan dengan baju warna putih petern bunga yang manis ini memang akan memberikan kesan yang menarik dan kekinian. Namun kain jenis kenzo ini digunakan sebagai bahan dasar pembuatan blazer, celana, gamis ikhwan, maupun baju koko.

Macam Bahan Linen 6: Linen 3G

Bahan linen terakhir yang akan kita bahas adalah 3G, dimana jenis kain ini juga masih baru dan memiliki karakteristik yang unik serta dinilai lebih elegan. Untuk tekstur kain ini menyerupai serat kayu. Karena tampilannya cenderung lebih modern serta Cutting Edge, dan mungkin karena hal tersebut jenis ini memiliki nama linen 3G.

Karakteristik lain dari jenis kain ini adalah bahannya biasa saja tidak begitu halus dan licin seperti halnya kain linen look, dimana jenis kain ini punya garis panjang dan lurus, ringan, dan memberikan efek jatuh.

contoh penggunaanya:

6 Macam Bahan Linen Digunakan untuk Berbagai Kebutuhan
photo: pinterest

Look yang sangat simple ini dengan gaya menarik kekinian yang akan memberikan kenyamanan ketika di kampus atau hangout. Tambahkan slingbag atau handbag akan memberikan look yang manis. Celana linen ini sangat cocok untuk hangout karena memiliki detail yang ringan dan juga adem. Celana dengan bahan linen 3G ini dapat di kombinasikan dengan berbagai look.

Itulah beberapa jenis kain linen yang perlu NaishaMate ketahui agar tidak salah memilih bahan. Perhatikan juga tekstur kain ketika hendak memilihnya menjadi pakaian. Pastikan bahan yang Kamu pilih ringan, tidak menerawang dan juga nyaman untuk dikenakan dalam beraktifitas.

 

Related posts