Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir? Ini Jawabannya!

Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir?
Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir?

Ada berapa Ounce dalam satu cangkir ya? Bagaimana sih menghitungnya? Pertanyaan semacam ini tentu pernah terlintas dibenak kamu. Khususnya untuk para perempuan dan ibu ibu yang mempunyai hobi memasak. Mengukur satuan Ounce dengan menggunakan cangkir adalah salah satu cara yang paling praktis.

Tapi sebenarnya dalam satu cangkir ada berapa ounce ya? Apakah perhitungannya sama jika untuk menghitung ounce gula dan ounce tepung terigu? Apakah akan sama jika menggunakan gelas untuk mengukur satuan Ounce? Untuk tahu jawabannya, kamu wajib banget simak penjelasan di bawah ini!

Satuan Massa

Sebelum masuk ke jawaban dalam 1 cangkir ada berapa ounce, kita wajib mengetahui ounce terlebih dahulu. Dengan memahami satuan ounce kamu akan lebih paham dalam menggunakan dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari hari. Ounce adalah salah satu bagian dari satuan massa atau berat yang digunakan untuk mengetahui berat sebuah benda. Satuan berat atau satuan massa adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghitung berat dari suatu benda. Dalam satuan massa terdiri dari 7 urutan satuan yang bisa kamu gunakan. Urutan tersebut meliputi :

  • Kg (kilogram)
  • Hg (hektogram)
  • Dag (dekagram)
  • G (gram)
  • Dg (desigram)
  • Cg (centigram)
  • Mg (miligram)

Dalam mengukur sebuah berat suatu benda ada beberapa satuan massa yang bisa digunakan seperti ounce , kuwintal, kilogram, ton, gram dan masih banyak lagi. Namun penggunaan satuan massa ini berbeda di setiap wilayah suatu negara. Di Indonesia sendiri, satuan massa yang sering digunakan adalah Kg, Kuwintal, Ton, Gram dan juga ounce.

Ounce Adalah?

Berkaitan dengan pertanyaan Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir? Ounce sendiri dalam bahasa Inggris disebut juga dengan ounce yang merupakan satuan massa yang mempunyai beberapa definisi, tergantung dengan sistem satuannya. Menurut KBBI, ounce adalah sebuah satuan ukuran berat atau massa yang sama atau setara dengan seratus gram. Kata ounce berasal dari bahasa Latin yaitu Uncia, atau alat ukur yang setara dengan seperdua belas pon Romawi (libra). Ounce yang digunakan di Indonesia berasal dari warisan negara Belanda yang pernah menjajah negara ini. dalam satu ounce kira kira sama dengan 100 gram.

Namun definisi ounce ini berbeda beda setiap wilayahnya. Berikut adalah beberapa definisi ounce dalam berbagai sistem satuan :

  • Ounce Averdupois internasional = 28, 349523125 gram
  • Ounce troy internasional = 31, 1034768 gram
  • Ounce apoteker = 31, 1034768 gram
  • Ounce Maria Theresa = 28, 0668 gram
  • Ounce Spanyol (onza) = 28, 75 gram
  • Ounce Prancis (once) = 30,59 gram
  • Ounce Portugis (onca) = 28,69 gram
  • Ounce Romawi/Italia = 27,4 gram
  • Ounce metrik Belanda = 100 gram
  • Ounce metrik Tiongkok = 50 gram

Ounce ternyata mempunyai singkatan yaitu “oz”. Singkatan ini berasal dari sebuah kata yaoyi “onza” yang berasal dari negara Italia pada abad pertengahan.

Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir Kopi?

ada berapa ons dalam satu cangkir
photo : google Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir?

Nah, saatnya masuk ke pembahasan ada berapa 0unce dalam satu cangkir. Untuk cangkir yang digunakan untuk alat ukur kali ini adalah cangkir yang khusus untuk membuat kopi. Di negara Amerika Serikat, ukuran cangkir yang digunakan untuk menyajikan kopi mempunyai ukuran yang berbeda beda. Tapi pada umumnya, berdasarkan standar yang sudah diterapkan di negara tersebut, dalam 1 cangkir kopi berukuran sekitar 6 0unce atau 6 oz.

Cangkir kopi di negara AS dibagi menjadi 3 jenis yaitu yang berbentuk kecil, sedang dan juga besar. Untuk 1 cangkir kecil berisi sekitar 6 0unce . Untuk cangkir yang berukuran sedang sama dengan 8 0unce dan untuk gelas yang besar berisi sekitar 10 0unce . Dan yang sering digunakan dalam menghitung 0unce adalah cangkir yang berukuran sedang.

Sementara itu, ada juga yang menyebutkan bahwa dalam satu cangkir di AS umumnya sama dengan 5 0unce . Penggunaan satuan 0unce ini memiliki variasi akibat adanya perbedaan aturan yang berada di sebuah negara. Ada berapa 0unce dalam satu cangkir biasanya sama dengan 8 0unce .

Hasil ukuran ini juga akan berbeda jika menggunakan gelas plastik. Hal ini bisa terjadi karena ukuran gelas plastik dan juga cangkir memiliki perbedaan yang sangat jauh. Ada berapa 0unce sih dalam satu gelas plastik? Mari kita cari jawabannya di bawah ini!

Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir Plastik?

ada berapa ons dalam satu cangkir
photo : google Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir?

Dalam kegiatan sehari hari, pasti kita sering menggunakan gelas yang berbahan dari plastik. Barangnya yang mudah dibawa kemana mana membuat gelas plastik menjadi alat yang banyak digunakan untuk berjualan minuman. Bagi para pedagang minuman tidak mungkin harus menggunakan timbangan dalam menjalankan bisnis mereka. Biasanya para pedagang ini sudah mengetahui dasar dasar perhitungan. Seperti dalam 1 sendok ada berapa gram dan juga dalam 1 gelas plastik ada berapa 0unce .

Alat ini menjadi alat yang sangat praktis digunakan dalam menghitung ukuran berat sebuah benda. Ada banyak ukuran gelas plastik yang tersedia di toko toko. Mulai dari yang berukuran kecil hingga yang besar. Dari situ, kita tahu bahwa dalam satu gelas plastik pasti ukuran 0uncenya berbeda beda juga tergantung gelas yang digunakan.

Lalu ada berapa 0unce dalam satu gelas plastik? Jika diurutkan dari ukuran gelas paling kecil hingga gelas yang paling besar maka hasilnya mulai dari 12 0unce, 14 0unce, 16 0unce, 18, 0unce hingga 22 0unce. Ada juga ukuran gelas plastik yang cukup besar, dan dalam 1 gelas itu ada sekitar 22 0unce.

Ukuran yang digunakan dalam gelas plastik untuk minuman jenis kopi biasanya sekitar 10 hingga 14 0unce. Dan untuk gelas plastik seperti kemasan teh melati, teh tarik atau teh jumbo biasanya berukuran sekitar 16 hingga 22 0unce. Hal ini berlaku juga di Indonesia.

Konversi Ukuran Ounce

ini juga berkaitan dengan pertanyaan Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir? Perlu kamu ketahui bahwa satuan 0unce bisa kamu konversikan dalam beberapa satuan lainnya. Seperti bisa dikonversikan ke mililiter untuk mencari jumlah volume, dikonversikan ke gram untuk menyatakan sebuah berat dan masih banyak lagi. Dibawah ini ada beberapa contoh konversi 0unce ke satuan lainnya yang bisa kamu pelajari lebih lanjut!

Konversi satuan 0unce ke mi di standar AS :

  • 6 0unce sama dengan 177,44 ml
  • 8 0unce sama dengan 236,6 ml
  • 10 0unce sama dengan 295,74 ml
  • 12 0unce sama dengan 354,88 ml

Konversi satuan 0unce ke gram (Internasional) :

  • 6 0unce sama dengan 170,1 gram
  • 8 0unce sama dengan 226,8 gram
  • 10 0unce sama dengan 283,5 gram

Konversi satuan 0unce ke pound :

  • 6 0unce sama dengan 0,375 lb
  • 8 0unce sama dengan 0,5 lb
  • 10 0unce sama dengan 0,625 lb

Konversi satuan 0unce ke liter (standar AS) :

  • 6 0unce sama dengan 0,177 liter
  • 8 0unce sama dengan 0,2366 liter
  • 10 0unce sama dengan 0,296 liter

Selain konversi konversi diatas, masih ada lagi beberapa konversi yang bisa dilakukan dari 0unce ke satuan berat lainnya. Seperti kilogram dan lain lain.

Nah itulah tadi penjelasan dan jawaban dari pertanyaan ada berapa 0unce dalam satu cangkir. Dan jawabannya adalah dalam satu cangkir kopi ada kurang lebih 8 0unce . Perhitungan ini sudah digunakan di berbagai negara, jadi kamu tidak perlu meragukannya lagi. Namun jika kamu masih ragu, kamu bisa memastikannya dengan mengukur menggunakan timbangan asli yang hasilnya bisa lebih akurat. Jadi kamu sudah tahu kan ada berapa 0unce dalam satu cangkir?

Related posts