Rekomendasi Bahan Gamis Paling Adem untuk Pemula

Rekomendasi Bahan Gamis Paling Adem untuk Pemula

Gamis memang harus menggunakan bahan yang adem. Jangan sampai salah memilih bahan gamis. Bahan gamis paling adem tentu saja akan memberikan kenyamana bagi siapapun yang menggunakannya. Maka dari itu yuk simak di bawah ini beberapa referensi bahan gamis paling adem yang bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan. Jangan lupa untuk menggunakannya sesuai dengan keinginan Anda.

Bahan Gamis Paling Adem Katun

bahan gamis paling adem

Katun merupakan salah satu bagian dari jenis kain yang berasal dari bahan-bahan serat alami tumbuhan kapas atau yang nama latin yaitu “gossypium.”

Bagi kamu yang ingin membuat pakaian, kamu bisa mencoba dengan menggunakan kain katun sebagai bahan dasar untuk pembuatan pakaian. Walaupun jenis kain katun sendiri, sangatlah bervariasi namun kain ini tetap memberikan kualitas yang sangat baik.

Sebab itulah, kain katun kerap kali dipakai oleh masyarakat di Indonesia sebagai salah satu bahan dasar pakaian bagi warga negara Indonesia.

Kain katun tersebut bisa kamu temui di berbagai tempat, seperti pasar, toko kain, ataupun sejenisnya. Jenis kain ini dapat kamu pakai pada beberapa aktivitas atau kegiatan tertentu.

Tak cuma digunakan sebagai bahan busana saja, kain katun juga bisa kamu jadikan sebagai benang rajut guna merajut sepatu bayi, baju, taplak, dan lain sebagainya.

Kelebihan bahan Katun:

  1. Tidak mudah kisut apabila dicuci
  2. Tidak mudah luntur meskipun bahan berwarna
  3. Mudah disablon / diprint
  4. Mudah menyerap keringat.
  5. Tidak berbulu

Kekurangan Bahan Katun

  1. Bahan terasa dingin dan sedikit kaku
  2. Mudah kusut
  3. Fabric akan mudah rusak apabila direndam lebih dari 2 jam dengan detergen
  4. Rentan terhadap jamur

Bahan Gamis Paling Adem Crepe

bahan gamis paling adem

Bahan gamis paling adem selanjutnya adalah crepe merupakan kain yang unik dan banyak diminati oleh kaum hawa. Kain crepe merupakan jenis kain yang bersifat lentur, fleksibel, tidak kaku, namun memiliki permukaan yang bertekstur seperti butiran-butiran kerikil. Bahan ini juga tebal sehingga saat digunakan tidak menerawang cocok sekali bagi sista yang menyukai fashion dengan bahan yang tebal terutama bagi hijabers yang tidak boleh menggunakan pakaian serba tipis.

Pembuatannya pun tidak terlalu kompleks, dibuat dengan teknik tenun polos dari serat wool yang berasal dari bulu hewan tertentu seperti kambing Cashmier, angora, dan juga kelinci angora. Kain ini sangat cocok digunakan dalam kondisi cuaca yang dingin karena bahannya yang sangat baik terhadap udara dengan suhu dingin. Jenis kain ini juga bisa disebut cukup tahan air sehingga tidak terlalu cepat basah jika terkena air hujan. Bahan ini juga sangat cocok digunakan di musim dingin, tahan terhadap api, dan juga bisa menahan air tanpa merasakan basah.

Kelebihan Kain Crepe

Kain crepe memiliki kelebihan-kelebihan diantaranya lembut sehingga sangat enak untuk digunakan, kainnya bagus, dan kualitas nya tidak usah diragukan lagi, kainnya cukup dingin dan bisa menahan panas terutama jenis kain crepe dengan bahan dasar wool. Kelebihan lainnya crepe akan nyaman digunakan dan elastis sehingga lebih leluasa saat digunakan dalam bekerja maupun beraktivitas sehari-hari.

Kekurangan Kain Crepe

Meski memiliki banyak kelebihan, bahan kain crepe juga memiliki kekurangan tertentu, diantaranya serat kainnya mudah rusak jika terkena pancaran matahari terutama jika terbuat dari bahan campuran sutera. Selain itu untuk kain wool crepe memiliki kain yang berat sehingga saat di cuci pengeringannya membutuhkan waktu yang lama terutama di musim penghujan. Tekstur crepe yang seperti kerikil ini membuat permukaan kulit akan terasa risih saat menggunakannya. Namun jangan khawatir ini bakal menjadi bahan gamis paling adem.

Bahan Gamis Paling Adem Silk

bahan gamis paling adem

Dikutip dari buku Ilmu Tekstil karya Dewi Suliyanthini (2021) kain satin adalah kain yang proses pembuatannya dengan cara ditenun menggunakan teknik serat filamen atau weave. Teknik inilah yang membuat kain satin menjadi terlihat mengkilap atau glossy.

Jadi sebenarnya satin diambil dari teknik pembuatan kain ini. Kain satin mulai diperkenalkan di Eropa pada awal abad ke 20-an. Pada saat itu sebenarnya masyarakat sudah mengenal beberapa macam bahan kain salah satunya adalah bahan dari sutra.

 

Satin silk yaitu jenis satin yang dibuat menyerupai kain sutera yang sangat tipis dan sangat lembut persis dengan kain sutra. Yang membedakan hanya dari bahan saja karena satin silk berbahan dasar polyester.

Kelebihan Bahan Satin

  1. Sifat bahan yang sangat lembut
  2. Sifat kain yang cenderung jatuh
  3. Tekstur permukaan yang terkesan mengkilap atau glossy
  4. Memiliki motif atau pola dari beberapa jenis kain satin
  5. Bahannya yang cukup adem
  6. Memberi tampilan yang terkesan mewah dan elegan.

Kekurangan

  1. Sulit di setrika
  2. Tidak mudah perawatannya
  3. Mudah kusut

Bahan Gamis Paling Adem Linen

bahan gamis paling adem

Bahan gamis paling adem selanjutnya adalah bahan Linen. Salah satu karakteristik kain linen yang bisa kamu temui saat memilih kain ini adalah teksturnya yang ringan dan kuat. Untuk industri tekstil Indonesia, kain linen tergolong sebagai kain yang sangat populer. Bahkan dalam skala internasional pun, kain linen tergolong sebagai kain tertua di dunia.

Ada banyak produk yang terbuat dari kain linen yang bisa kamu temui di pasaran. Contohnya di mesir dulu kain linen dipakai untuk bungkus mumi. Nah, karena jaman sudah berkembang kain linen sekarang sudah banyak ditemui dengan wujud berbeda. Contohnya di Indonesia, kain linen dipakai untuk bikin pakaian, taplak meja, sprei, sarung bantal dan masih banyak lagi.

Kelebihan Bahan Linen

  1. Bahan adem
  2. Tidak terawang
  3. Simple
  4. Terlihat mahal

Kekurangan Bahan Linen

  1. Dianggap terlalu tebal
  2. Sulit untuk di setrika halus
  3. Mudah luntur jika terkena sinar matahari

Bahan Gamis Paling Adem Rayon

bahan gamis paling adem

Rayon adalah kain yang dibuat dari selulosa murni. Selulosa adalah hasil pengolahan ampas kayu. Meski rayon dibuat dari bahan alami, namun proses pembuatannya menggunakan beberapa bahan kimia dan dapat dianggap sebagai kain semi sintetis.

Kain rayon adalah salah satu kain yang populer di industri tekstil. Tidak hanya dapat digunakan untuk produksi pakaian, namun kain ini juga dapat digunakan untuk produksi pembuatan pakaian muslim. Kain yang satu ini memiliki popularitas yang tidak kalah dengan kain katun.

Bahan pada kain rayon ini mudah untuk dikombinasikan dengan bahan lainnya. Kain rayon yang sudah dikombinasikan dapat membuat jenis-jenis rayon baru meliputi, rayon spandeks, rayon jersey, rayon polyester, dan rayon crinkel. Percampuran ini tentunya membuat kain menjadi lebih beragam dan menarik perhatian pembeli.

Kelebihan Bahan Rayon

  1. Paling adem
  2. Mudah dirawat
  3. Kain cenderung jatuh
  4. Nyaman tidak membuat kulit alergi
  5. Mudah dikombinasikan dengan banyak kain lain

Kekurangan Bahan Rayon

  1. Mudah kusut
  2. Mudah menyusut
  3. Mudah pudar warnanya jika dijemur di terik matahari.

Pilih Bahan Gamis  Paling Adem untuk Membuat Nyaman

Jangan lupa kenyamanan adalah hal yang utama, sehingga pilih bahan gamis paling adem jika hendak membuatnya. Jangan sampai melupakan kesan nyaman, pasalnya nyaman merupakan hal yang wajib banget buat diwujudkan. Hal ini terkait dengan pemakaian jarak lama.

Jangan lupa juga membeli gamis dengan bahan adem. Kenyamanan juga merupakan poin yang sangat penting untuk membuat berbagai macam hal yang baik. Penggunaan sebuah bahan gamis yang paling adem ada di Naisha. Yuk cek Gamis Naisha disini.

Related posts