Stress Relief dalam Islam yang Dapat Mendekatkan Diri dengan Allah

Stress Relief dalam Islam yang Dapat Mendekatkan Diri dengan Allah

Stress relief, kita dapat melakukannya dengan beragam cara. Misalnya dengan bersyukur, perbanyak senyum, mengatur nafas, menggunakan waktu dengan baik dan juga mendekatkan diri dengan Allah SWT. Berikut ini Naisha akan membahas beberpa hal yang dapat kita lakukan untuk melepaskan stress yang ada dalam diri kita. Sebelum ke arah sana, ada baiknya kita membahas mengenai pengertian dari stress itu sendiri.

Dilansir deari laman kementrian kesehatan, stress merupakan salah satu bagian alami dan penting dari kehidupan. Namun jika seseorang mengalami stress yang berat dan berlangsung lama maka hal tersebut dapat merusak kesehatan. Setiap orang menghadapi stress dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang dapat cepat bangkit dan pulih, namun ada juga yang kesulitan dalam mengelola stress dalam dirinya. Meskipun stress sendiri dapat menjadikan diri kita lebih dewasa dan memunculkan antisipasi ketika dibutuhkan, namun dapat juga menyebabkan gangguan emosional dan serta gangguan fisik. Untuk itu kita memerlukan menegement stress agar mampu merilis stress dalam diri kita.

Read More

Stress Relief dengan Bersyukur

Bersyukur adalah salah satu cara yang diajarkan oleh Islam dalam menghadapi stress. Dengan melihat berbagai hal yang telah Allah berikan kepada kita maka perasaan stress, krang beruntung akan pergi dari diri. Ingatlah Allah dalam keadaan apapun serta jangan liupa untuk senantiasa bersyukur atas nikmat-Nya karena Allah akan menambah nikmat hamba-Nya yang pandai bersyukur. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT yang artinya:

“Oleh karena itu, ingatlah Aku (Allah) dan Aku akan mengingatmu, dan bersyukurlah kepada-Ku (atas nikmat-Ku yang tak terhitung banyaknya kepadamu) dan jangan pernah tidak bersyukur kepada-Ku.” (Q. S. 2: 152).

Coba sejenak berpikir, apakah NaishaMate pernah mempercayakan sesuatu terhadap orang lain? Kurang lebih seperti:

“sudahlah, aku percaya dengan kemampuanmu! Kamu pasti bisa melakukan ini dengan yang terbaik”

Lantas ketika Kamu dapat mempercayai seorang manusia yang mana adalah tempatnya salah dan dosa, masa kita tidak dapat percaya kepada Allah yang Maha Sempurna?

Jangan terlalu risau dengan permasalahan yang sedang kamu hadapi, percayalah segala masalah memiliki jalan keluar. Allah akan memnbantumu dalam keadaanmu. Allah SWT juga telah berjanji tidak akan meninggalkan hambanya sedikitpun, sebagaimana firman Allah berikut ini yang artinya:

“Jika Allah membantumu, tidak ada yang bisa mengalahkanmu, dan jika Dia meninggalkanmu, siapakah yang ada setelah Dia yang dapat membantumu?” (Q. S. 3: 160)

Stress Relief dengan Tersenyum

NaishaMate, ketika stress mujlai datang menghampiri cobalah untuk menghadapi segala masalah dengan senyuman. Dengan kita tersenyum emisi kita juga akan terkendali sehigga kamu dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan atau melukai orang lain. Pernah nggak sih kamu merasakan sedikit merasa lega setelah mencoba untuk tersenyum bahagia meskipun sedang stress? Nah, hal ini bisa terjadi karena otak kita tertipu untuk menjadi bahagia, sehingga melepaskan zat kimia otak yang berfungsi untuk merilis stress.

Yuk jangan cemberut terus! Perbanyak senyum agar kita juga selalu dalam keadaan yang bahagia dan nyaman. Dengan begitu Kamu juga dapat menjalani hari dengan ringan dan menyenangkan.Jadi, tidak ada lagi istilah bete saat sedang padat aktivitas.

Stress Relief dengan Mengatur Nafas Sejenak

Selanjutnya hal yang tidak kalah penting dalam stress relief adalah mengatur nafas kamu. Ketika sudah merasa tidak nyaman dengan suatu keadaan, maka Kamu dapat mengambil waktu sejenak untuk mengatur nafas. Cobalah untuk menghirup udara dari hidung dan tahan dalam 3-5 detik kemudaian hembuskan lewat mulut perlahan-lahan.Lakukanlah hal ini secara berulang hingga kamu merasa lebih baik dan nyaman.

Dengan mengatur nafas maka kamu akan lebih tenang dan dapat merilis stress dalam dirimu. Ketika sedang mengatur nafas kamu juga dapat membayangkan hal-hal yang menyenangkan. Misalnya membayangkan sedang berada di pinggir danau, sedang duduk bersantai di sana dengan ditemani hembusan angin. Trik ini dapat Kamu coba di mana saja dan dapat membantu mengontrol emosi dan stress.

Stress Relief dengan Memaksimalkan Waktu

Apabila Kamu memiliki waktu untuk istirahat maka pergunakanlah sebaik mungkin. Hal ini dapat kamu lakukan dengan tidur atau berlatih mindfulness. Kamu dapat mencoba untuk menghadirikan dirimu dalam situasi saat itu. Atau dengan kata lain kita mengerjakan sesuatu secara sadar dan tanpa paksaan. Misalnya kamu menyadari kamu sedang berada di ruangan kerja, untuk mengerjakan tugasmu dengan dibantu dengan beberapa tools di hadapanmu, kamu juga dapat merasakan hembusan angin di sana. Dan kamu merasakan bahwa jiwa dan ragamu berada di tempat itu

Ketika Kamu kurang waktu untuk istirahat maka badanmu juga akan merasa mudah Lelah, otak juga dapat merasa kelelahan jika kamu bekerja tanpa istirahat. Maksimalkanlah waktu sebaik mungkin. Saat Kamu harus bekerja, maka bekerjalah dan ketika ada waktununtuk istirahat  maka gunakan juga sebaik mungkin.

Kamu juga dapat memaksimalkan waktu bersama orang-orang terdekat agar stress dalam dirimu berkurang. Sebuah penelitian dari University of Michigan telah menemukan bahwa mengobrol bisa melepaskan hormon dalam otak yang mana dapat mengurangi kecenderungan stress dan depresi dalam diri seseorang, sehingga hal ini membuat seseorang lebih bahagia.

Nah, jadi untuk mencegah stress dalam diri berlarut-larut,maka sekali-kali kamu perlu menikmati waktu bersama keluarga dan teman-teman. Kamu dapat menghabiskan waktu untuk pergi piknik, ke bioskop atau tempat lainnya bersama orang tersayang.

Tidak hanya akan membantu mencegah stress, tapi hal ini tentunya akan membantumu semakin akrab dengan keluarga dan teman-teman!

Dekatkan Diri dengan Allah SWT

Selain dengan beberapa cara di atas kamu juga tentunya harus melibatkan Allah dalam keadaan suka maupun duka. Dekatkanlah diri kepada Allah SWT agar tercipta kedamaian dalam diri kita. Ingatlah bahwa Allah tidak akan memberikan ujian di luar kemampuan kita. Allah SWT juga memberikan kita kesulitan dengan berbagai kemudahan di dalamnya. Kamu dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan beberapa cara.

Cara yang pertama adalah memperkhusyuk shalat, mengerjakan ibadah sunnah, mengaji dan juga berbuat baik. Shalat dan mengaji akan memberikan ketenangan dalam diri kita. Ketika hati sedang gundah cobalah untuk berdzikir mengingat Allah. Terlalu mengejar dunia akan membuat kita kelelahan. Oleh karenanya sangat diperlukan melibatkan Allah dalam berbagai situasi, salah satunya dengan berdzikir sebagaimana yang telah dijelaskan.

Membaca Al-Quran juga akan membuat hati kita lebih damai, tenang dan tentunya dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Oleh karena itu, bangkitlah dari keterpurukan dan dekatkan dirimu dengan Allah SWT agar kehidupan lebih damai dan bermanfaat.

Itulah beberapa hal yang dapat NaishaMate lakukan ketika sedang di landa stress. Tetap semangat dan hadipalah dunia dengan penuh senyman dan ketaqwaan. Niscaya hidup akan menjadi lebih indah dan damai.

Related posts